Anime semakin bisa ditonton untuk fans luar Jepang dengan bertambahnya tempat menonton anime streaming secara legal. Setelah Crunchyroll, Netflix juga ikutan, dan mereka juga semakin terlibat dalam produksi anime itu sendiri. Kini web video streaming raksasa Youtube juga ikutan, dengan dikabarkan kalau Bandai Namco & Youtube bekerja sama untuk projek anime Youtube Original berjudul OBSOLETE.

Anime OBSOLETE tersebut akan memiliki bentuk anime 3D CG macam anime Knight of Sidonia dan Houseki no Kuni, yang diproduksi oleh studio anime CG Buemon dengan Yamada Hiroki dan Shirato Seiichi sebagai sutradaranya.

Tapi ada satu nama besar lagi yang bergabung, yang bisa membuat anime ini terasa akan memiliki kisah yang tragis tapi mantap, dan itu adalah Urobuchi Gen dari Nitroplus! Penulis novel Fate/Zero, visual novel Saya no Uta, anime Madoka Magica, dan Kamen Rider Gaim, anime Godzilla Netflix, dan banyak karya dengan cerita atau latar belakang gelap lainnya.

Keterlibatan Urobuchi telah diberi teaser oleh Digitaro sang presiden Nitroplus, yang beberapa minggu lalu mengatakan kalau Urobuchi sedang sibuk terlibat dalam sebuah karya mecha yang hardcore dengan nama “Project O”.

Dan ya, OBSOLETE ini adalah anime bergenre mecha sci-fi, spesifiknya Real Mecha. Bersetting dalam dunia dimana teknologi dan kehidupan manusia di Bumi jadi berubah setelah mendapatkan Exoframe, teknologi kerangka exoskeleton yang didapat manusia saat mereka menerima kontak dari alien pada tahun 2014.

Menariknya, para alien itu tak langsung memberikannya kepada manusia Bumi, tapi dengan barter dimana mereka meminta satu ton batu gamping untuk satu Exoframes. Setelah mendapatkannya, teknologi kerangka Exoframes jadi menyebar ke seluruh dunia berkat fleksibilitasnya yang bisa dipakai siapapun dan harganya yang murah, sampai ke industri pertanian, dan juga militer.

Bagi yang penasaran perlu sedikit menunggu beberapa bulan, karena telah diumumkan kalau anime OBSOLETE akan dirilis via Youtube Original/Premium pada bulan Desember ini. Tapi bagi yang mau menonton gratis juga bisa, karena anime tersebut juga dikatakan akan bisa ditonton dari Youtube biasa setelah dirilis untuk Youtube Original.