Search engine di internet macam Google memang alat yang sangat praktis dan berguna dalam membantu mencari sesuatu, dan saat ini mesin pencari macam itu semakin bagus saja. Dan Bandai juga baru mengimplimentasikan tambahan baru yang menarik bagi fans anime yang menelusuri dan mencari animanga tertentu dalam website mereka, dimana user dapat mencari animanga tertentu melalui kata atau kalimat dialog.

Ya, dialog, atau quote. Jadi jika misalkan ingin mencari satu adegan dalam satu episode tertentu dari anime yang serinya sudah panjang sekali, atau mungkin ada sebuah adegan anime yang pernah mengatakan sesuatu yang keren dan tertempel dalam kepala atau di hati 😉 dan ingin melihatnya lagi, maka search engine dalam website Bandai Channel ini dapat mencarikan dan menemukannya.

Caranya adalah dengan memakai bagian search website Bandai tersebut, dan tulis kalimat dari anime yang ingin dicari pada kotak kedua, yang diatasnya bertuliskan Serifu Kensaku yang artinya adalah Pencari Kalimat.

Walau memang perlu dicatat juga kalau sistem pencarian ini masih dalam tahap beta, seperti yang tertulis juga pada halaman search itu, belum lagi ada sedikit kekurangan lain bagi fans animanga yang tak fasih bahasa Jepang, karena kalimat itu harus dalam bahasa Jepang.

Dan setelah kata atau kalimat tersebut ditulis, akan dicari seri-seri dimana kata atau kalimat tersebut dikatakan dan diperlihatkan hasilnya dalam bentuk list video dimana adegan dengan kata-kata tersebut dikatakan. Dan hasilnya lumayan detail, dari munculnya episode berapa sampai kalimat full kata tersebut juga dituliskan, dan sampai waktu detik kemunculannya juga diperlihatkan.

Walau mesin pencari itu masih belum sempurna, memang ini fitur yang sangat menarik untuk dibuat dan diimplementasikan, mengingat kalau ada banyaknya dialog yang biasanya dikatakan atau diteriakkan dalam dunia animanga.

Mulai dari catchphrase macam Nico~Nico~Nii~ atau kalimat terkenal Keikaku Doori sampai meneriakkan jurus serangan spesial ala Kamehameha dan Rasengan atau bisa saja istilah yang spesial dalam seri tersebut, dan lain-lain lagi.