Banyak bantuan yang diberikan kepada studio anime Kyoto Animation setelah musibah kebakaran yang menewaskan tiga puluhan staff mereka beberapa minggu lalu. Tapi selain itu, banyak juga yang memberikan tribute kepada KyoAni, seperti fanmade MV. Dan bagi sebuah SMA di Kyoto yang dijadikan model untuk anime Euphonium, mereka berpartisipasi dalam lomba brass band dan memenangkan medal demi studio tersebut.

Hibike Euphonium berawal dari light novel buatan Takeda Ayano dan diilustrasikan Asada Nikki yang telah merilis volume terakhirnya bulan Juni 2019 kemarin. KyoAni mengadaptasi novel itu menjadi seri anime yang season pertamanya tayang tahun 2015 dan season keduanya tayang tahun 2016, dan juga beberapa film, yang kualitasnya sampai dipuji Shinkai Makoto.

Aninovel tersebut mengisahkan perjuangan klub brass band dari SMA Kita Uji yang ingin membangkitkan prestasi mereka yang telah menurun drastis sekarang ini padahal dulunya sangat luar biasa, dengan berusaha memenangkan turnamen band.

Yang keren lagi adalah sebenarnya SMA Kita Uji itu ada dalam bentuk fisiknya, karena KyoAni memakai SMA Higashi Uji di Kyoto sebagai modelnya. Dan sekolah itu juga memang asli memiliki klub brass band, yang dikatakan guru sekolah itu, Kondo Kazuo, dijadikan referensi dan reseach staff KyoAni, sampai mereka mengikuti klub itu dalam lomba band regional.

Reseach dan referensi KyoAni terbayarkan dan juga menguntungkan sekolah Higashi Uji, yang dikatakan jadi ada beberapa anggota klub brass band yang bergabung karena mereka terinspirasi dari anime Hibike Euphonium. Tentu ini juga membuat musibah yang menimpa KyoAni juga dirasakan oleh sekolah tersebut.

Maka dari itu, klub brass band SMA Higashi Uji yang sekarang, mengalirkan rasa duka dan emosi mereka dalam performance untuk kompetisi brass band SMA se-Kyoto yang diadakan akhir minggu kemarin, dengan musik berjudul Kouyo no Sazanami.

Band leader Ito Yuika mengatakan sepertinya mereka bermain lebih bagus lagi dari sebelumnya, dan berharap musik dari perasaan mereka bisa mencapai para korban. Dan ada kabar bagus dari performance mereka, karena walau mereka gagal jadi pemenang utama dari kompetisi tersebut, mereka tetap berhasil mendapatkan medali emas penghargaan juri.