Kabar yang besar tapi tak begitu menyenangkan bagi dunia musik Jepang dengan boyband populer Arashi yang merayakan anniversary 20 tahunnya tapi sekaligus mengumumkan akan berhenti beraktivitas diakhir tahun 2020 ini. Dan baru diumumkan adanya kabar serupa untuk grup musik Jepang terkenal lain, yaitu band AAA yang mengumumkan kalau mereka akan bubar sementara pada akhir tahun 2020 nanti.

Band AAA yang namanya bisa disebut sebagai Triple A yang merupakan singkatan dari Attack All Around adalah grup musik J-pop yang bagian dari label Avex Trax. Nama mereka mengandung arti menghadapi tantangan apapun, dan dilabelkan sebagai super performance group.

Grup tersebut awalnya terdiri dari 8 member yang terdiri dari 5 pria dan 3 wanita yang semuanya memiliki pengalaman sebagai bintang iklan dan back dancer penyanyi Jepang terkenal lain. Tapi kini member band itu terdiri dari lima member; Nishijima Takahiro, Uno Misako, Hidaka Mitsuhiro, Atae Shinjiro, Sueyoshi Shuta.

Band tersebut telah terlibat dalam beberapa acara TV dan juga anime dan game. Diantaranya adalah menyanyikan lagu tema dan opening dari seri tokusatsu Kamen Rider Den-O yang berjudul Climax JUMP, lagu ending dari episode spesial One Piece -Episode of Nami-, lagu opening dari game RPG NDS berjudul World Destruction.

Band tersebut telah aktif sejak tahun 2005, membuat tahun 2020 ini band itu akan menginjak umur 15 tahun. Sesuatu yang patut dirayakan, seperti dengan album kompilasi best of lagu mereka yang dijadwalkan untuk dirilis bulan Februari nanti.

Akan tetapi baru-baru ini diberikan kabar yang tak begitu menggembirakan juga. Dalam website official band tersebut, diumumkan kalau band AAA akan berhenti beraktivitas untuk sementara waktu mulai dari tanggal 31 Desember 2020. Sedihnya lagi, itu juga bertepatan dengan keluarnya member Urata Naoya karena kasus mabuk-mabukkan tahun 2019 lalu.

Dijelaskan kalau para member dari band tersebut telah mempertimbangkan masa depan grup itu dan kemungkinan aktivitas solo sejak 2016, dan memutuskan dengan perayaan 15 tahun band itu dan para member memasuki umur 30an, mereka akan berhenti beraktivitas dan menjalani jalan mereka sendiri untuk sementara waktu.