Sudah banyak materi berbau anime dan manga yang digunakan sebagai bahan pembelajaran dalam sebuah universitas. Mulai dari universitas-universitas yang ada di Jepang sampai ke Universitas Oxford yang mengangkat bab tentang Vocaloid ke dalam buku pelajaran mereka. Dan kali ini giliran Masahiro Hirose, seorang profesor di Universitas Edukasi Aichi, yang sedang mencoba menggunakan light novel Bakemonogatari sebagai bahan pelajaran untuk para mahasiswanya.

Seminar Literatur Jepang kelasnya dikatakan akan mengangkat light novel Bakemonogatari edisi pertama sebagai buku pelajaraannya. Seminar tersebut akan mengajarkan tentang dasar dari analisis teks dan mengevaluasi secara kritik apa yang buku tersebut suguhkan sebagai budaya modern masyarakat Jepang. Prof. Hirose menganggap Bakemonogatari dan elemen-elemen fantasinya dipersembahkan dalam setting yang realistik adalah contoh baik dari “fantasi yang digunakan untuk merefleksikan realita“. Telah diketahui bahwa Prof. Hirose adalah penggemar dari pengarang light novel tersebut yaitu NisiOisin dan beliau juga dikatakan sering menggunakan bahan-bahan pelajaran berbau otaku dalam pelajarannya. Dia mengkutip dari seri Tsukimonogatari dalam presentasi sebelumnya, bahkan menggunakan nada bicara Shinobu dalam presentasinya 😀

Bakemonogatari

Dalam sebuah acara wawancara dengan situs berita Jepang yang bernama Da Vinci News Prof. Hirose menyebut Sword Art Online sebagai “literatur ideal” untuk mengevaluasi keadaan masyarakat saat ini dari dunia imajinasi. Beliau bertanya kepada mahasiswanya untuk mengidentifikasi elemen-elemen yang menarik dalam teks tersebut dan alasannya kenapa. Beliau juga menanyakan apa yang akan muridnya lakukan bila mereka terperangkap dalam dunia tersebut. Prof. Hirose mengaku dia ingin menembus sebuah batasan yang membedakan antara “karya literatur” dengan “light novel“. Beliau juga ingin membuat light novel yang diakui sebagai karya literatur yang legit. Beberapa light novel dan anime lain yang dianggap sebagai literatur lain di Universitas Edukasi Aichi diantaranya adalah Durarara!!Little Busters!, Toradora!, The Tatami Galaxy dan Hidamari Sketch.

1

Bakemonogatari adalah sebuah judul Light Novel yang dibuat oleh novelis Jepang NisiOisin dan berhasil meraih kepopuleran yang sangat besar di negaranya. Bercerita tentang Koyomi Araragi yang menemukan dirinya terlibat dalam peristiwa-peristiwa aneh yang biasa dia sebut “Oddity” (Keanehan), yang biasanya menyangkut Mitologi, Dewa, dll.