Content provided by Keepo. Powerbank sekarang jadi pilihan sebagian besar orang untuk nge cas hp ketika sedang berada di luar rumah, tapi juga nggak sedikit yang malas membawa powerbank karena dirasa nggak praktis. Nah, hal ini yang membuat sekarang banyak jasa isi ulang hp di tempat-tempat umum yang dirasa lebih praktis.

Baca Juga: Seri Ultraman 2018, Ultraman R/B, Ultraman Kembar Pertama

Kita cukup “mecolokkan” hp ke charger yang udah disediakan. Tapi, sayangnya masih banyak yang belum tahu kalo ada resiko yang mengintai ketika kita menggunakan jasa cas hp ini.

Ada sebuah modus baru yang dinamakan Juice Jacking, yang bisa meretas sebuah gadget melalui USB port yang kita gunakan untuk ngecas. Chrissie Maryanto, Director Marketing dari PT Prosperita – Eset Indonesia, mengatakan kalo kabel data atau kabel power yang sama bisa jadi sebuah jalan bagi para hacker untuk melakukan peretasan data dengan memanfaatkan kabel USB untuk mengakses sebuah smartphone.

“Pencurian data dengan metode ini telah menjadi ancaman terbesar bagi pengguna gadget di mana pun mereka berada setiap kali mengisi ulang baterai,” tambahnya.

Memang teknik peretasan yang satu ini tidak begitu populer, bahkan jarang terdengar, dan sayangnya juga sering diabaikan. Namun, nggak ada salahnya buat jauh-jauh hari mempersiapkan smartphone kita untuk mencegah hal ini terjadi pada smartphone kita. Nggak hanya data saja yang bisa dicuri loh, bahkan hacker juga bisa menyusupi smartphone kita dengan malware yang tentu membahayakan kondisi smartphone.

So, pastikan kalian selalu meng-update sistem operasi smartphone yang digunakan. Pastikan kamu juga menggunakan antivirus dan anti-malware untuk mencegah smartphone diretas oleh orang yang nggak bertanggung jawab. Dan yang lebih penting, kalo emang gak urgent, sebaiknya hindari pemakaian jasa cas ini ketika di tempat umum. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: