Content provided by Keepo. Bagi beberapa orang, dengan bermain game mereka bisa mendapatkan kepuasan dan hiburan tersendiri. Emang sih, sekarang dengan kemajuan teknologi, kita nggak cuma bisa bermain game di konsol dan PC saja, namun smartphone yang sering kita genggam juga bisa digunakan buat bermain.

Nah, sayangnya nggak semua orang tau kalo bermain game secara berlebihan dan terlalu lama, ternyata memberikan efek yang buruk buat tubuh kita. Nggak percaya? Nah, dibawah ini setidaknya ada 5 bahaya yang mengintai kalian ketika lupa waktu bermain game. Buktiin sendiri deh.

More article from Keepo.

1 – Kecanduan

bermain game

Tentu aja, kalo kalian terlalu lama sering main game, salah satu efek pertama yang paling keliatan adalah kecanduan dan akhirnya kepingin terus untuk memainkan game itu. Emang boleh aja main game, tapi kalau sampai mengganggu pekerjaan dan kewajiban kita, itu yang nggak boleh!

2 – Obesitas

Obesitas

Hayo ngaku, siapa disini yang biasanya main game sambil ngemil? Nah, faktanya justru hal ini yang akan membuat kita menjadi obesitas. Karena kurang gerak, tentu saja resiko obesitas siap mengancam kalian apalagi yang jarang berolahraga.

Baca Juga: 

3 – Resiko Kebutaan

Resiko Kebutaan

Main game terlalu lama tentu aja juga bisa bikin mata sakit, bener nggak? Ngaku deh, biasanya kalo udah bermain diatas 3 jam, mata cenderung lelah dan kadang membuat pusing. Resiko kebutaan juga bisa meningkat ketika kalian terus memaksakan keadaan mata yang lelah untuk terus bermain game.

4 – Resiko Mengalami Kejang – Kejang

Resiko Mengalami Kejang - Kejang

Mayoritas penderita epilepsi atau kejang – kejang ini rata – rata datang dari mereka yang terlalu lama main game loh! Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan kalau 27 dari 35 penderita epilepsi datang dari mereka yang terlalu lama bermain game. Masih berani bermain game kelamaan?

5 – Kerusakan Pada Bagian Punggung Bawah

Kerusakan Pada Bagian Punggung Bawah

Yep. Keadaan duduk terus menerus selama berjam-jam tentu aja bikin punggung kalian dalam bahaya besar. Bagian punggung bagian bawah akan terus menerus menerima beban ketika kalian duduk, dan hal ini akan sangat berbahaya untuk perkembangan tulang khususnya bagi kalian yang masih dalam masa pertumbuhan.

Nah, itu tadi loh beberapa bahaya yang mengintai kalau bergelut dengan game terlalu lama. Bermain boleh, asalkan pandai dalam mengatur waktu dan menjalankan kewajiban yang harus dilakukan ya!

Comments