Mungkin disini sudah ada yang pernah melihat bagaimana Ninja berlari dalam berbagai seri animanga, terutama dalam seri animanga Ninja super populer buatan Kishimoto Masashi, Naruto. Cara ninja berlari yang terkenal dengan membungkuk kedepan dan tangan kebelakang. Saking terkenalnya sampai lari ninja itu kadang disebut Naruto Run. Tapi apakah Ninja asli juga berlari seperti itu?

Nah baru-baru ini, channel Youtube Asian Boss berusaha menjawab pertanyaan tersebut. Dimana mereka mewawancarai seorang pria Jepang yang dikatakan sebagai Ninja asli terakhir di dunia.

Pria tersebut bernama Kawakami Jinichi, yang saat ini berumur 69 tahun dan sebentar lagi jadi 70 tahun. Ia merupakan penerus terakhir dari ninjutsu dari keluarga ninja Koga. Dalam wawancara tersebut Kawakami ditanya mengenai stereotype ninja yang ada dalam dunia fiksi, dan ia menjelaskan perbedaannya.

Kawakami menjelaskan kalau dalam berbagai film, seperti di film Amerika, Ninja terlihat jago bertarung, tapi ninja asli justru memprioritaskan untuk tidak melakukannya. Walau mereka juga bisa bertarung dan diajari ilmu beladiri dan ilmu membunuh, tugas utama dari seorang ninja adalah untuk mengumpulkan dan memanipulasi informasi dan bertahan hidup.

Dan ada lagi elemen populer yang ternyata tak sesuai kenyataan, dan itu adalah Shuriken, senjata terkenal Ninja. Ternyata Shuriken justru bukan senjata ninja! Kawakami mengatakan kalau ilmu lempar shuriken justru dilatih oleh Samurai, karena Shuriken sulit untuk dibawa oleh ninja, selain tajam dan mencurigakan, senjata itu juga tidak murah dibuat.

Lalu balik ke pertanyaan awal, bagaimana dengan Naruto Run alias lari ala Ninja yang membungkuk kedepan tersebut? Walau tak diberikan perbandingan langsung dengan Naruto, tapi Kawakami menjelaskan cara jalan dan lari dari ninja asli.

Ternyata cara lari Naruto memang ada kemiripan dengan cara lari ninja asli! Kawakami mengatakan memang ninja berlari dengan membungkukkan badannya kedepan untuk membuat gravitasi mendorong badan mereka bergerak maju. Ninja juga tidak berlari dengan menghentakkan kakinya, tapi mengayunkannya kedepan, karena hentakan kaki lebih membuang energi dan bersuara keras.

Jika dibandingkan dengan bagaimana Ninja berlari dalam dunia fiksi, memang terlihat memiliki dasar yang serupa dengan tehnik lari Ninja nyata itu, tapi hanya dibuat terlihat lebih keren atau dilebih-lebihkan seperti dengan tangan lurus kebelakang. Bagi yang penasaran, bisa ditonton videonya dibawah ini