BABYMETAL, Raih Penghargaan di KERRANG Awards, Prestasi atau Ironi?

BABYMETAL menjadi artis pertama dari Jepang yang meraih pengharagaan di KERRANG awards (penghargaan dari majalah KERRANG di UK), apakah ini sebuah prestasi atau Ironi bagi dunia musik Jepang? Kenapa pertanyaan prestasi atau Ironi yang muncul? Karena mungkin sebagian besar dari kalian yang pecinta musik Jepang pasti tahu, kalau Jepang juga dibanjiri dengan sederetan musisi yang sangat berkualitas apalagi dalam Genre musik Metal, namun mereka semua masih sangat minim akan perhatian dunia. Lantas muncul BABYMETAL dan trio yang satu ini benar-benar menarik perhatian dunia, Fair Kah?

BABYMETAL yang dimotori SU-METAL sebagai Lead Vokal dan praktis dua personil lainnya sebatas sebagai penari latar dan backing vokal, memang merupakan sajian formasi metal yang nyeleneh dari kebanyakan formasi band metal. Musik metal yang identik dengan cowok (bukan bermaksud sexist, memang banyak band metal yang mempunyai frontline cewek namun tetap identitas metal memang cenderung ke laki-laki), garang, dan juga format band lengkap, drum, gitar, bass, yang penuh dengan skill, menjadi suatu hal yang nyaris wajib ada di setiap band metal. Tapi semua stigma itu serasa dijungkir balikkan oleh BABYMETAL, dengan format kawaii metalnya. Tapi sejauh apapun stereotype terbentuk, tetap para penikmat lah yang akan menentukan apa yang ingin mereka dengar. Dan BABYMETAL sendiri, seakan menjadi terobosan baru, bagi musik metal kususnya hentakan bagi musisi Jepang. Dan prestasi BABYMETAL bukan hanya disalutkan kepada trio yang selama ini kita kagumi, tetapi juga pada Produser, dan juga pengisi musik dari BABYMETAL.

Dan tentang awardnya sendiri, BABYMETAL meraih kategori SPIRIT OF INDEPENDENCE AWARD, kalau menurut saya pribadi ini kategori yang nyentil juga. Karena kita tahu BABYMETAL sebenarnya jauh dari kata INDEPENDENCE, mereka bertiga disokong oleh orang-orang hebat yang berada di balik layar, baik dari produser, pemusik, choreographer dan sebagainya. Namun jika dikaitkan, dengan keberanian membawakan scene dan terobosan yang baru, konsep Idol group Metal, maka BABYMETAL sudah tidak diragukan lagi. Lagipula KERRANG Award juga dianugerahkan berdasarkan vote, berarti para pendengar (dalam hal ini pembaca majalah KERRANG) masih setuju kalau BABYMETAL memang pantas mendapatkannya.

BABYMETAL yang saat ini juga sedang melakukan Tur keliling Dunia, memang bisa menjadi breakthrough juga bagi musisi-musisi hebat Jepang untuk dapat berkiprah di duna musik Internasional. Terlepas dari berbagai kontroversi yang ada. BABYMETAL memang datang dengan penyegaran baru di dunia musik Metal. Mereka menyajikan act baru di dunia musik metal. Pemilihan ketiganya sebagai punggawa BABYMETAL tentunya juga tanpa pertimbangan, saat ini mereka bertigalah yang pantas menyebarkan virus kawaii metal diseluruh dunia, Keep Rockin’ BABYMETAL \m/