Mina-san pasti tahu pepatah Sudah Jatuh Tertimpa Tangga. Itu adalah pepatah yang cocok dengan situasi yang menimpa negara Jepang saat ini. Tak hanya mereka menghadapi panasnya musim panas yang membara, tapi baru-baru ini juga mereka diserang dua bencana alam lagi, Taifun Jebi dan Gempa Hokkaido. Untungnya tak hanya masyarakat Jepang sudah terbiasa, tapi juga mendapatkan berbagai bantuan, salah satunya adalah dari creator game Azur Lane Yostar.

Taifun Jebi menyerang Jepang diawal Minggu ini, membawakan kerusakan yang besar pada daerah Kansai, terutama di Prefektur Osaka. Dari banjir sampai angin besar yang mampu menghempas truk. Ini adalah bencana angin terbesar yang menyerang Jepang dalam 25 tahun terakhir.

Gempa di Hokkaido baru saja terjadi, pada tanggal 6 kemarin sekitar jam 3 pagi, dengan magnitude sebesar 6.7, tapi tak ada ancaman tsunami yang diisukan. Kerusakan yang besar terjadi di Atsuma dimana kira-kira 6 orang terperangkap dalam tanah longsor, dan juga di Sapporo, dan seluruh pulau Hokkaido jadi gelap tanpa listrik.

Gempa tersebut juga membuat beberapa event animanga dan game yang direncanakan disitu terpaksa dibatalkan atau diundur, seperti acara presentasi Nintendo Direct dan event fanmeeting Love Live Sunshine.

azur lane yostarazur lane yostar

Tapi pertolongan juga mulai dilakukan, diantaranya donasi yang diadakan Yahoo Japan, dan seperti yang dikatakan diawal, dari perusahaan developer game asal China, Yostar, yang merupakan salah satu pembuat game Azur Lane Yostar bersama Shanghai Manjuu.

Dikatakan kalau mereka memberikan sumbangan sebesar 10 Juta Yen untuk membantu korban bencana alam Jepang ini. Saat yang bagus karena saat ini tak hanya mereka sedang booming di Jepang, tapi juga mulai menarik perhatian gamer luar Jepang dengan perilisan Azur Lane versi barat baru-baru ini.

Fans Jepang mayoritas memberikan reaksi yang positif akan hal ini. Beberapa juga mengatakan kalau mereka yang berusaha tak mengeluarkan uang dengan meminimalisir microtransaction saat main Azur Lane akan mulai lebih melakukannya setelah mengetahui kalau uang mereka bisa dipakai untuk hal baik seperti ini. Arigatou Gozaimasu Yostar!

Comments