Game Touhou memang tidak ada matinya.

Seri game bergenre bullet hell ini memang memiliki fanbase yang sangat berhasrat dalam hal menyalurkan kreativitas mereka. Mulai dari fanart dan fanimation hingga fan game dan cosplaynya. Bisa dibilang semangat para fans lah yang membuat seri game Touhou ini tetap bisa bertahan hingga sampai saat ini.

Tapi selain karya yang dibuat dengan penuh semangat oleh para fans Touhou itu sendiri, ada juga berbagai benda yang dibuat oleh perusahaan merchandise yang memproduksi berbagai merchandise Touhou.

Contohnya saja adalah perusahaan Max Factory dan Good Smile Company, yang juga telah membuat berbagai merchandise yang berhubungan dengan seri Touhou. Mulai dari Nendoroid, Figma, hingga Figure.

Selain merchandise tersebut, ada juga barang yang bisa dibilang lebih tinggi lagi levelnya, yaitu merchandise boneka atau doll. Oh, tapi ini bukanlah boneka yang sederhana macam barbie. Boneka yang ini memiliki level kualitas yang lebih tinggi lagi, dengan harga yang juga “tinggi”. Ini adalah boneka sang protagonis kedua dari seri game Touhou, Kirisame Marisa, yang dilelang dan pada akhirnya terjual dengan harga mencapai 100000 Yen beberapa waktu lalu.

pleasetakemymoney

Ya, 100000 Yen. Termasuk mahal, karena digitnya diatas 4 Lol. Tapi, semahal apakah 100000 Yen itu? Oke, mari kita hitung harga boneka Kirisame Marisa tersebut. Kita ubah harganya dari mata uang dalam bentuk Yen menjadi mata uang dalam bentuk Rupiah. Pada waktu saat artikel ini ditulis, harga mata uang 1 Yen sama dengan 118 Rupiah. Itu berarti harga Rupiah dari boneka ini yang di Jepang seharga 100000 Yen adalah, 100000 x 118 = 11.800.000 Rupiah.

…Sebelas juta delapan ratus ribu rupiah…

Waow! Ampun Sultaaan!

Ya, segitulah jumlah harga yang terjual dari lelang boneka Kirisame Marisa tersebut. Harga yang begitu mahal, mungkin bisa dibilang Collector’s Item, atau mungkin bisa dibilang Sultan’s Item. Harga yang bisa membuat pembeli makan nasi putih hanya dengan kecap dan garam ditemani para nyamuk.
Kecuali Sultan.

Tapi tentu saja harga tersebut tidak besar tanpa alasan. Dapat dilihat betapa cantik dan detail boneka tersebut.

takemymoney

Bagian bajunya yang memakai bahan kain seperti baju asli. Memang desain bajunya lebih glamor jika dibandingkan desain-desain baju karakter Kirisame Marisa tersebut dalam game Touhou. Terlihat desain baju boneka Kirisame Marisa ini dibumbui dengan desain ala Maid. Terutama jika dilihat berbagai detail pada bagian apron putihnya, Dan dengan berbagai pita-pita hitam yang terpasang.

Untuk aksesori, tentu Kirisame Marisa tidak akan lengkap tanpa topi besar ala penyihir miliknya. Tapi disini seperti bajunya, desainnya juga lebih glamor dari pada desain topi penyihir yang dipakainya dalam game. Dan juga Mini hakkero, senjata pamungkas miliknya yang dipakai untuk menembak peluru sihir.

takeallmymoney

Bagian wajahnya yang memiliki desain yang sangat imut dan hampir hidup. Terlihat senyumannya, dan juga terdapat detail kecil seperti satu taring kecil di pojokan pulutnya. Mata bonekanya juga detail dalam hal perwarnaan bagian iris dan efek lighting yang terpantul di matanya, menambah kesan hidup dalam wajah boneka itu. Dan juga bagian rambutnya yang panjang dan bergelombang dengan bahan yang terlihat seperti rambut asli.

Apakah detail baju dan kecantikan boneka ini membuatnya sepadan dengan harganya? Mungkin itu pertanyaan dengan jawaban yang subjektif. Tapi yang pasti, dapat dilihat betapa bagusnya kualitas boneka tersebut, dan memilikinya bisa memberikan rasa bangga sebagai kolektor, dan sebagai fans.