Negara Jepang memiliki lingkungan alam yang cantik, dari segi flora dan juga fauna. Tapi bukan berarti mereka bebas masalah. Kita sudah melihat adanya masalah yang disebabkan oleh binatang di Jepang, dari burung gagak sampai beruang. Kali ini ada lagi terjadi sebuah masalah di Jepang yang disebabkan oleh binatang, dan dilemanya adalah ini hewan yang dari luar terlihat lumayan imut, yaitu para rusa Nara.

Ini memang bukan pertama kalinya ada masalah pada hewan tersebut. Tahun 2018 lalu para rusa Nara juga memberikan kabar yang suram, dimana mereka tidak nafsu makan. Yang ditemukan penyebabnya adalah karena mereka terlalu banyak diberi makan oleh para turis yang ramai-ramai berdatangan saat Golden Week.

Dan kali ini ditemukan ada masalah lain lagi. Jika sebelumnya ada masalah yang menimpa mereka dikarenakan oleh turis, kali ini adalah kebalikannya. Dengan adanya masalah yang disebabkan oleh para rusa tersebut kepada para turis.

Dan masalah itu, adalah ada kalanya para rusa ini menyebabkan para turis jadi terluka. Memang karena mereka adalah hewan yang lumayan liar, jadi hal tersebut tentu bisa terjadi. Tapi yang mengkhawatirkan adalah angka jumlah kasus terlukanya turis karena para rusa Nara terus saja meningkat dari tahun ke tahun.

Dan periode dari bulan April 2018 kemarin sampai Januari 2019 ini menunjukkan terjadi peningkatan lagi, dan juga angka yang paling tinggi sejauh ini. Dengan dicatat ada 209 kejadian turis terluka karena para rusa tersebut, peningkatan dari 186 kejadian ditahun 2017.

Dari seluruh kasus tersebut, ditemukan kalau lima dari delapan kasus terjadi pada turis asing, dan dari Prefektur Nara mengatakan kalau luka serius karena para rusa ini paling banyak terjadi diantara bulan September sampai November, yang merupakan musim kawin bagi para rusa tersebut.

Tapi masalahnya tak hanya disebabkan oleh para rusa, karena bisa saja para turis itu yang nakal. Menurut Pusat Penasihat Rusa Taman Nara, mereka menasihati pengunjung untuk jangan membuat rusa-rusa itu marah. Karena umumnya para rusa tersebut akan marah saat mereka diisengi dengan menarik makanan mereka saat mereka mau memakannya.

Hati-hati ya mina-san yang mau berkunjung, hormati para rusa ini karena mereka bukanlah hewan yang telah dijinaki. Hanya karena mereka imut, jangan remehkan tenaga mereka, apalagi para jantan yang bertanduk megah itu.