Siapa yang fans light novel Sword Art Online? Siapa yang fans manga yuri Yagate Kimi ni Naru? Bagi fans kedua seri itu, website Dengeki Online membuat hal seru, dimana diadakan interview yang dihadiri oleh author SAO Kawahara Reki dan Nakatani Nio mangaka Yagate Kimi ni Naru, bersama dengan seiyuu Kayano Ai. Dan dari situ jadi diketahui kalau Kawahara Reki ternyata fans genre yuri.

Ketiga nama itu memang saling berhubungan, dengan anime SAO Alicization dan anime Yagate mulai tayang pada musim yang sama, dan Kayano Ai mengisi suara dalam kedua anime itu; sebagai Alice di SAO dan Sayaka di Yagate.

Topik yang lumayan dibicarakan dalam interview itu adalah karakter perempuan. Nakatani mengatakan ia senang melihat banyak karakter perempuan kuat di SAO. Dengan Kawahara respon mengatakan para karakter perempuan SAO akan lebih aktif lagi, dan ditanya alasannya oleh Kayano.

Kawahara mengatakan ia dapat banyak feedback saat menghadiri event luar negeri, yang membuatnya ingin lebih memberi peran pada karakter perempuannya, walau keberadaan Kirito takkan dikurangi. Ia ingin menambah bagian para karakter perempuan menjalani kehidupan mereka sendiri tanpa terhubung pada Kirito.

Nakatani berpendapat perannya sudah cukup, yang perlu dilakukan Kawahara hanya hilangkan elemen “damsel in distress”. Elemen yang diakui Kawahara tak begitu dipikirkannya saat pertama membuat SAO, yang mambuat banyak karakter perempuan disekeliling Kirito tanpa peran yang jelas.

Bicara soal peran lagi, Kawahara mengatakan diluar lebih dipakai kata netral Protagonis dan Antagonis daripada Hero dan Heroine, sesuatu yang disetujui Kawahara, mengatakan gender tak perlu menentukan peran karakter, dan membuat karakter perempuan bagaikan trophy adalah hal yang salah.

Nakatani juga menjelaskan peran karakter Heroine di Jepang, dimana sebelumnya itu merupakan peran karakter wanita yang menjadi sumber motivasi protagonis pria. Dan dari situ Kawahara mengatakan kekagumannya akan genre Yuri, karena yuri couple berperan sebagai protagonis yang saling memotivasi satu sama lain dimana keduanya tak turun jadi heroine.

Dan seperti yang dikatakan diawal, diketahui  kalau Kawahara adalah fans genre Yuri dan manga Yagate. Fans berat malah. Ia mengatakan pengalaman terdekatnya membuat kisah yuri sendiri adalah Mothers Rosario arc, tapi ia tidak menghitungnya sebagai yuri karena hubungan Asuna dan Yuuki lebih platonic. Tapi ia mengatakan kalau ia tertarik membuat kisah yuri romantis sendiri suatu hari nanti. Wuiiih bakal bagaimana ya itu…