Tragedi yang menyakitkan mau tak mau bisa terjadi dalam hidup, kapan saja dan dimana saja. Dan hal tersebut baru saja terjadi pada sebuah nama yang hangat disayangi banyak fans animanga, Studio anime Kyoto Animation. Karena baru diberitakan kalau terjadi kebakaran pada studio KyoAni, dalam level yang begitu besar, dan kebakaran tersebut bukan berasal dari kecelakaan, dengan ada seseorang yang memulai api tersebut.

Kyoto Animation adalah studio anime yang terkenal memproduksi seri anime Suzumiya Haruhi, dan selain itu mereka juga terkenal memproduksi anime Free, K-On, Kobayashi-san Chi no MaiDragon, Chuunibyou demo Koi ga Shitai, CLANNAD, Lucky Star, dan lain-lain.

Dan tragedi kebakaran pada studio tersebut dimulai dari pagi sekitar jam 10. Kebakaran tersebut merusak gedung satu studio itu, tapi lebih lagi dari itu dan yang sangat menyedihkan hati, kebakaran tersebut telah memakan banyak korban jiwa.

Saat penulisan artikel ini, kebakaran studio tersebut dikabarkan sudah benar-benar dipadamkan, berkat kerja keras sampai 30 truk pemadam kebakaran, tapi angka pasti korban jiwa kejadian ini masih belum lengkap.

Yang jelas, kini telah dilaporkan kalau setidaknya 40 orang luka-luka, dan sampai 16 orang dikonfirmasi telah tewas. Dan kemungkinan masih ada yang terperangkap dalam gedung yang terbakar itu, dengan diperkirakan ada sampai 70 pekerja dalam gedung tersebut saat kebakaran dimulai.

Dan ya, semua kematian dan luka tersebut disebabkan oleh ulah manusia, dan dilaporkan kalau pelaku kebakaran ini telah berhasil ditangkap oleh polisi saat ia sedang berusaha kabur. Polisi mengatakan kalau ada beberapa saksi yang melihat pria tersebut menuangkan cairan seperti gasolin pada gedung studio KyoAni, dan berteriak “mati kau” saat menyalakan api kebakaran itu.

Pihak polisi tak memberikan nama pelaku, tapi dikatakan kalau ia adalah seorang pria berumur 41 tahun, dan ia telah mengakui perbuatannya, yang sesuai dengan pengakuan para saksi mata juga, sambil menambahkan kalau ia memulai api itu dengan lighter. Pembakar tersebut juga mengatakan kalau ia melakukan hal itu karena KyoAni melakukan plagiat.

Baik itu plagiat atau bukan, ini tetap musibah yang sangat menyakitkan, dengan sampai lusinan orang terbunuh. Dan bagi yang ingin membantu, perusahaan perizinan anime di Amerika, Sentai Filmworks, telah membuka halaman GoFundme bagi yang ingin memberi donasi.