Halo Akiba-kei dan Akiba-chan. Sebagai pembaca Akibanation, hal-hal Jepang bisa dibilang adalah hobi kita. Menonton anime/dorama, membaca manga/novel, main JRPG/TCG, itu adalah hobi yang membawa kesenangan bagi kita. Tapi selain hobi, hidup kita juga perlu bekerja atau berkarir. Keseimbangan kedua hal ini bisa membuat hidup jadi lebih baik. Kadang ada yang sukses membuat hobinya menjadi pekerjaan, tapi kadang ada juga yang sukses akan keduanya. Ashina Minoru adalah salah satu orang yang bisa dibilang termasuk dalam kategori kedua. Ia melakukan dua pekerjaan dari hobi dan karir secara bersamaan.

Ashina Minoru

Ashina Minoru mungkin tak sering diperhatikan namanya. Tak selevel sutradara terkenal macam Araki Tetsuro atau Shinkai Makoto. Itu karena mayoritas pekerjaannya dalam industri anime adalah membuat spin off komedi berbentuk Original Net Animation (ONA) dari berbagai anime lain. Contohnya anime Madan no Ou to Vanadis yang tayang tahun lalu. Dan anime yang mengeREM para otaku tahun ini dan masuk list Top 10 seri anime Newtype Award, Re:Zero. Selain itu ia juga ada membuat animasi karakter moe mengenai hasil tani prefektur Ibaraki, lokasi kerjanya sekarang.

Pekerjaannya dalam industri anime berawal dari hobi membuat animasi flash dimalam hari pada awal tahun 2000an, saat ia sedang belajar menempuh karir lainnya. Dan karir tersebut adalah sebagai dokter hewan loh! Dan sampai saat ini ia masih melakukan kedua pekerjaan itu. Menjadi seorang sutradara anime sekaligus dokter hewan di klinik hewan Tsukuba Minopu di kota Tsukuba di prefektur Ibaraki. Mengejutkan juga ya 😀

ashina2

Bahkan bisa dibilang kesuksesannya menempuh kedua pekerjaan itu saling berhubungan. Saat ia lembur dari pekerjaannya sebagai dokter, ia sering online bersama teman-temannya. Dan terkadang melalui itu ia mempekerjakan teman-temannya untuk membantunya dalam membuat animasi. Salah satu temannya tersebut adalah Takehara Minoru, yang sekarang menjadi wakil dari Ashina dalam studio animasinya, studio PuYukai. Sebagai sutradara, Ashina yang membuat scenario dan sound, sedangkan Takehara yang menangani animasi dan desain karakternya.

ashina5

Sekarang dalam kedua pekerjannya ini Ashina Minoru memiliki empat staf klinik dan tujuh staf animasi, dan uniknya lagi semua staf ini saling membantu satu sama lain. Kadang ada staf animasi yang membantuk di klinik hewan, dan ada staf klinik yang membantu animasi juga. Ashina sendiri selang-seling melakukan dua pekerjaan ini, yang membuat jadwal kerjanya sangat sibuk.

ashina3

ashina4

Untuk pekerjaan anime terbarunya, sekarang ia sedang menangani seri ONA berjudul Kaijuu Girls. Seri ONA berdasarkan Ultra Monsters Anthropomorphic Project yang dibuat oleh Tsuburaya Production, perusahaan pencipta seri Ultraman. Sesuai projek itu, Kaijuu Girls menceritakan kisah komedi sehari-hari karakter cewek moe yang berdasarkan monster-monster yang muncul dalam franchise Ultraman.

Waaah keren ya. Memang sih jadi sangat sibuk dan repot melakukan dua pekerjaan sekaligus, tapi hebat jika dapat sukses dilakukan. Tetap melakukan karir awalnya tapi juga sekaligus bekerja dari hobi. Jika diberikan kesempatan seperti Ashina-sensei, apakah minna mau mencobanya?