Gelar Jepang Universitas Iindonesia (GJUI) adalah salah satu acara jejepangan yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Acara yang terselenggara selama tiga hari ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana pada hari ke tiga dilaksanakan kemarin Minggu, 20 Agustus 2016 bertempat di parker timur senayan. Dari jam 10 pagi sudah banyak pengunjung yang berbaris di bagian tiket. Pada tahun ini GJUI terselenggara untuk yang ke-22 sehingga disingkat menjadi GJUI 22.

Gelar Jepang Universitas Indonesia 1

Para pengunjung tidak hanya datang untuk menikmati acara saja, banyak dari mereka juga yang menyalurkan hobbynya dalam bercosplay. Ada juga yang datang bersama dengan komunitas-komunitas mereka. Shin, mahasiswa darii Bekasi ini datang ke acara GJUI dari tahun ke tahun. Pada tahun ini Shin datang bersama temannya yang ikut cosplay.

Costreet Gelar Jepang Universitas Indonesia
Costreet Gelar Jepang Universitas Indonesia

Pada GJUI 22 day-3 terdapat dua buah stage yang terbagi kedalam Ministage dan Mainstage. Pada Ministage acara yang berlangsung merupakan performance dari para pemenang lomba yang sebelumya telah diadakan pada GJUI day-1 dan day-2. Mereka adalah pemenang dance cover, karaoke, dan pengumuman pemenang lomba lainnya. Pada final day ini juga diadakan lomba makan ramen yang membuat heboh para penonton karena ramen yang dilombakan sangat pedas.

Lomba Makan Ramen
Lomba Makan Ramen

Mainstage GJUI diisi dengan performa dari audisi band dan guest star yang hadir. Diantaranya adalah Ame Hana, Redshift, Henohenomoheji, HYDRA, TokyoLite, OBAKE, Hiroaki Kato, Loverin Tamburin, Shing02, dan Festive. Setelah menyanyikan lagu terakhir di panggung utama, Obake band memberikan pengumuman yang sangat mengejutkan bagi para fansnya bahwa tahun ini merupakan tahun terakhir band yang sudah berdiri sejak tahun 2004 ini. Banyak fans yang sedih mendengar pengumuman yang memang sudah di diberikan kode melalui akum media sosial mereka dua hari sebelumnya. Tapi jangan khawatir, panggung GJUI bukanlah panggung terakhir OBAKE band, so tetep stay tune di medsos mereka.

OBAKE band by @renopan & @anggaseftian
OBAKE band by @renopan & @anggaseftian
Mainstage Performance, photo by @renopan & @anggaseftian
Mainstage Performance, photo by @renopan & @anggaseftian

Keseruan GJUI 22 juga ikut dimeriahkan oleh AkibaNation loh, kami memberikan Giveaway Kaos Miku dan juga Marchendise buat Akiba-chan dan Akiba-kei yang kemarin datang ke GJUI dan mampir ke booth Akibanation. Giveaway ini berbentuk games yang terselanggara di beberapa waktu tertentu. Banyak dari Akiba-chan dan Akiba-kei yang antusias dengan game ini.

Lomba Giveaway AkibaNation
Lomba Giveaway AkibaNation

Tarian Bon Odori dan juga Hanabi atau pesta kembang api merupakan penutup dari rangkaian acara Gelar Jepang Universitas Indonesia yang ke-22 dari tanggal 13, 14, dan 20 Agustus 2016. Sampai bertemu lagi di GJUI 2017.

Hanabi by Gelar Jepang Universitas Indonesia
Hanabi by Gelar Jepang Universitas Indonesia