Jaman sekarang ini, mau industri apapun itu bisa memiliki sisi gelap, dan itu juga termasuk industri anime. Sudah ada beberapa kabar yang menjelaskan kalau industri animanga juga memiliki hal yang tak mengenakkan, apalagi untuk animator dan seiyuu. Dan bicara soal seiyuu alias pengisi suara, ada lagi sisi gelapnya yang baru-baru ini jadi topik pembicaraan artis JAV Cocona Yuzuki, yaitu mengenai Makura Eigyou.

Bagi yang belum begitu kenal, Yuzuki Cocona tak hanya seorang bintang Japan Adult Video. Ia memulai debutnya sebagai artis JAV tahun ini, dan selain itu ia juga beraktivitas sebagai artis TV, model, dan kadang juga menjadi seiyuu alias mengisi suara.

Dengan beragam aktivitasnya tersebut ia bisa melihat berbagai hal dalam dunia entertainment. Dan kemarin-kemarin ia muncul sebagai guest dalam acara TV Jepang berjudul Jikkuri Kiitarou, dimana ia diwawancarai mengenai alasan wanita yang bekerja pada bidang prostitusi tampil dalam film JAV dan bagaimana hal itu bisa memberikan bayaran yang lebih besar.

Tapi selain itu, Yuzuki juga ditanya menurutnya bagian dunia entertainment apa yang memiliki sisi gelap yang tergelap. Sesuatu yang menarik untuk ditanyakan dengan beragam aktivitas yang telah dilakukannya. Dan jawaban Cocona, menurutnya dunia seiyuu adalah industri dengan sisi tergelap.

Yuzuki menjelaskan kalau menjadi seiyuu diawali dengan belajar di sekolah vokal voice acting, lalu masuk agensi seiyuu, dan menjadi pengisi suara. Banyak wanita muda yang memasuki bidang tersebut tak mengerti seluk-beluk dunia itu, dan jadi terjerumus melakukan Makura Eigyou. Bagi yang tak tahu, itu maksudnya adalah “melakukan sex untuk mendapatkan pekerjaan”.

Yuzuki mengatakan ia juga pernah diundang dalam sebuah pesta dimana pelecehan seksual terjadi begitu saja, dimana dadanya diremas-remas dan dilihat kalau itu hal biasa. Dan ia juga mengatakan ada temannya yang merupakan bagian dari sebuah anime idol terkenal, yang tak disebut namanya, dengan temannya itu mengatakan semua seiyuu generasi muda disitu melakukan Makura Eigyou.

Sesuatu yang mungkin terasa sangat mengejutkan. Dan sebagai tambahan, ada seorang freelance seiyuu yang menjelaskan kalau itu adalah tindakan yang sudah lumayan ramai dilakukan dalam industri seiyuu sejak tahun 2000! 🙁