Hentai… Kata Jepang yang bisa dibilang “legendaris” 😉 mungkin sudah banyak yang pernah dengar, atau kenal dekat dengan kata tersebut, yang sudah dikenal dan dipakai sampai diluar Jepang. Kata yang bisa membuat fans animanga jadi berpikiran nggak-nggak dan atau senyum-senyum. Karena maknanya yang berarti erotis atau hidung belang atau mata keranjang. Tapi baru-baru ini ada yang menjelaskan ada sisi lain dibalik kata Hentai, yang sebenarnya tak seluruhnya Ecchi.

Ya, mungkin sulit dipercaya, tapi kata Hentai sebenarnya memiliki makna yang dalam dan tak hanya sekedar sesuatu yang seksual. Dan hal itu dijelaskan oleh seorang veteran industri anime, produser dari Studio Orange, Watanabe Yoshihiro, yang dibuatnya saat ia menemukan kata Hentai pada salah satu artikel website berita Guardian, yang berjudul “Hentai is Brilliant” 😀

Dalam artikel Guardian itu, Oxford Dictionary menjelaskan kalau Hentai adalah subgenre animanga dan game Jepang yang porno. Watanabe menjelaskan kalau pemakaian kata itu di Jepang lebih dalam lagi dengan beragam level arti.

Di Jepang, arti modern dari kata Hentai lebih mengarah pada keerotisan yang aneh atau abnormal, yang itu sendiri berasal dari kependekkan kata Hentai Seiyokusha. Atau menurut Watanabe, bisa juga dipakai sebagai kata pelengkap akan rasa suka yang dalam pada suatu hal, seperti mania.

Tapi sebenarnya ada arti non-ero dari kata itu, karena Hentai juga bisa berarti Metamorfosis, alias perubahan wujud pada serangga seperti dari ulat jadi pupa dan kupu-kupu. Kata ini juga bisa ditemukan dipakai dalam animanga One Piece saat Franky berubah jadi Centaur Mode.

Watanabe lalu mengatakan sesuatu yang menarik setelah itu, karena penyebab kata Hentai lebih erat kearah seksual daripada Metamorfosis kemungkinan bisa karena satu seri Tokusatsu klasik… Kamen Rider.

Itu karena seri Kamen Rider, bagi yang sudah kenal ciri khasnya, memakai kata HENSHIN untuk BERUBAH Wujud, yang itu sendiri berasal dari novella berjudul Metamorphosis karya Franz Kafka, yang ditranslasi ke Jepang dengan kata Henshin, yang menginspirasikan staff seri Kamen Rider.

Dan Watanabe mengatakan jika Kamen Rider justru memakai kata Hentai untuk perubahan wujudnya, mungkin kata tersebut akan memiliki makna umum yang berbeda dari yang ada dipakai sekarang. Bisa saja sih, mengingat popularitas seri Kamen Rider dan kata Henshin saat ini.