Semuanya sudah menonton atau mendengar tentang anime Shigatsu wa Kimi no Uso? Kalau sudah, pasti tahu siapa karakter utamanya, Arima Kousei. Seorang pianis termuda yang memenangkan Saki Competition, dan sempat berhenti selama dua tahun karena tidak bisa mendengar suara permainan pianonya sendiri. Ada juga lho versi Indonesia dari Arima, yaitu seorang nominator Grammy Awards, Joey Alexander. 

http://www.zerochan.net/1856040

Di artikel ini, kita tidak akan membahas tentang pianis berprestasi asal Indonesia melainkan tentang cosplay Arima Kousei. Sudah pada tahu ‘kan cosplay itu apa? Cosplay merupakan gabungan dan kata ‘costume’ dan ‘play’ di mana seorang cosplayer akan menampilkan kekreatifan mereka dalam proses membuat hingga memakai kostum dan mendalami karakter yang mereka perankan.

Salah satu hal yang tidak bisa terlepas dari cosplay selain kostum itu sendiri di antaranya adalah wig, properti, dan makeup. Semuanya itu berperan penting untuk melengkapi karakter yang kita perankan. Makeup tidak bisa dianggap remeh. Dengan mengenakan makeup, penampilan seseorang dapat mewujudkan kehadiran karakter 2D atau 3D menjadi lebih nyata. Langsung saja kita lihat bagaimana prosesnya.

Step 1. Softlens

Kenapa sih harus pakai softlens? Seperti yang kita ketahui, karakter di anime itu multicolour alias warna-warni baik rambut maupun warna matanya. Untuk menghidupkan karakter tersebut, biasanya softlens dipergunakan dengan menyesuaikan warna mata karakter. Softlens dengan ukuran tertentu membuat mata kita lebih besar dan anime like. Kali ini model memakai softlens berukuran 14,6mm. Biasanya ukuran diameter softlens pun disesuaikan dengan karakter yang akan kita perankan. Karakter laki-laki memakai softlens berdiameter 14,5-14,8mm dan untuk karakter perempuan 15mm ke atas. Sebenarnya ini bukanlah patokan yang tepat karena pilihan dan pemikiran orang berbeda-beda. Tapi diameter softlens yang besar umumnya membuat karakter yang kita perlihatkan terlihat girly.

Di step ini kenapa harus softlens terlebih dahulu? Hal ini dikarenakan pemakaian softlens harus dalam kondisi steril. Jika memakai makeup terlebih dahulu, dikhawatirkan ada sebagian partikel yang terbawa masuk ke dalam softlens. Lagipula kita pastinya tidak ingin merusak riasan kita dengan softlens solution water maupun air mata saat proses pemasangan. Sebaiknya bersihkan wajah dan sisa-sisa pembersih wajah terlebih dahulu. Tangan dan wajah harus bersih baik untuk mencuci maupun memasangnya.

100_9023
Perbedaannya cukup terlihat jelas, kan?

Step. 2 Base

Yang paling penting dalam makeup adalah pemakaian moisturizer dan primer yang tepat. Fungsinya sebagai dasar untuk makeup yang merata sehingga tidak terlihat seperti topeng dan untuk melembapkan serta melindungi kulit. Base ini diitunggu sampai meresap selama kurang lebih 2 menit sebelum mulai memakai foundation. Adakalanya penggunaan sunscreen diperlukan jika kita ingin ber-cosplay outdoor untuk mencegah perubahan warna maupun noda pada wajah.

Step 3. Alis

Dikarenakan alis karakter Arima Kousei terlihat tipis, kita bisa menggunakan lem kertas untuk menyamarkan warna dan bentuk alis. Oleskan lem melawan arah tumbuhnya alis, biarkan mengering kira-kira 5-10 menit. Setelah kering, sisir perlahan alis yang sudah dilem mengikuti arah tumbuhnya rambut hingga dapat menempel dengan baik. Tunggu sampai mengering kembali kemudian perlahan tutupi alis dengan concealer. Keuntungan untuk menutupi alis dengan lem adalah menyembunyikan warna dan bentuk alis sehingga dapat ‘digambar’ kembali dengan pensil alis maupun eyeshadow. Berbahagialah untuk orang yang beralis tipis, mereka bisa melewati step paling menguji kesabaran ini dengan langsung memakai concealer.

100_9033
‘Menaklukkan’ alis dengan lem kertas.
100_9034
Proses menempelkan alis di mana kesabaran kita diuji.

  

Step 4. Foundation dan Powder

Diawali dengan BB cream kemudian concealer untuk menyamarkan noda, garis-garis halus, dan kantung mata serta garis bibir. Setelah meresap, gunakan foundation berbentuk padat untuk meratakan warna kulit dan membuat makeup bertahan lebih lama. Dioleskan secara tipis-tipis terlebih dahulu, jika dirasa kurang, bisa dilapis kembali. Disusul pemakaian compact powder secara tipis-tipis pula. Pulasan secara tipis-tipis penting dilakukan untuk menghasilkan makeup yang terlihat natural dan tidak terlihat cakey. Jika ingin melakukan touch-up bisa menggunakan loose powder supaya makeup tidak terkesan ‘berat’.

100_9045

Step 5. Contouring

Area contouring dibagi menjadi dua yaitu shading dan shimmering. Shading untuk membuat wajah lebih tirus, sedangkan shimmering sebaliknya. Shading yang yang tepat adalah pada cuping dan hidung. Dikarenakan wajah model yang sudah terlihat ‘tajam’, tidak dilakukan contouring pada bagian bawah tulang pipi dan rahang. Sedangkan untuk shimmering dilakukan pada tulang hidung untuk mendapatkan kesan ‘naik’.

Step 6. Eyeshadow dan eyeliner

Meskipun Arima adalah karakter lelaki, eyeshadow tetaplah diperlukan untuk menegaskan bentuk mata. Warna yang digunakan adalah champagne untuk inner mendekati daerah T, bronze untuk bagian tengah dan dibaurkan hingga ke outer. Pada garis mata dibubuhkan dark brown kemudian eyeliner yang mengikuti bentuk mata. Sapukan copper pada bagian bawah mata dan eyeliner putih untuk menampakkan kesan big eyes. Poles eyeliner untuk membentuk bagian bawah mata. Jangan sampai membingkai mata seluruhnya karena akan menampilkan kesan mata yang kecil atau ‘tenggelam.’

100_9056

12722499_10205075740286167_810750407_oStep 7. Bibir

Setelah membubuhkan concealer untuk menyamarkan garis bibir, oleskan compact powder tipis-tipis sehingga lipstick yang dipakai tahan lama. Mungkin Akiba-chan dan Akiba-kei berpikir, buat apa lpakai lipstick untuk karakter laki-laki? Sebenarnya lipstick yang dipakai di sini bukanlah lipstick berwarna merah terang seperti yang dipakai oleh perempuan, melainkan warna natural yaitu nude. Karakter laki-laki tetap memiliki warna bibir yang warnanya sedikit lebih cerah dari warna kulit wajah dan lebih muda atau kalem dari warna karakter laki-laki. Pulaskan lipstick dengan membentuk bibir yang lebih tipis dari bibir asli. Jika dari awal bibir asli sudah tipis, tinggal mengikuti bentuknya.

 

100_9027
Before
12699107_10205075738726128_1468376420_o
After