Light novel volume 18 Sword Art Online akhirnya siap meluncur pada 10 Agustus besok. Volume tersebut merupakan volume ke 4 untuk sub-arc Perang Besar Underworld. Juga volume 18 tersebut adalah volume terakhir untuk arc Alicization. Dengan kata lain arc Alicization tamat dalam volume 18 ini. Lalu bagaimana kelanjutan seri Sword Art Online? Sepertinya seri ini masih akan melanjutkan ceritanya. Dengeki pun sudah menggoda para penggemar SAO mengenai kelanjutan cerita dari seri tersebut.

Pada bulan Maret kemarin, sang penulis Reki Kawahara berbincang bersama Dengeki mengenai akhir dari arc Alicization. Beliau ditanya apakah SAO akan masih terus lanjut setelah itu atau tidak, tapi beliau menjawab masih belum mengetahuinya. Namun beliau juga mengatakan bahwa masih ingin menulis setelah arc Alicization selesai. Mudah-mudahan saja masih terus lanjut melaju ke pelaminan *ehh dan berkembang ya seri SAO ini Akiba-chan & Akiba-kei 😀

Arc Alicization tamat

Dan untuk cover art volume ke 18 ini entah sengaja atau tidak, ABEC-san membuat ilustrasi yang bikin throwback pada volume pertamanya. Tapi Good Choice ABEC-san!

Sebelumnya sudah diumumkan bahwa Arc Alicization ini akan diadaptasi menjadi manga. Diumumkan melalui sebuah tweet Kotaro Yamada, mangaka dari Sword Art Online: Phantom Bullet. Dia mengatakan bahwa ia akan menggambar Arc Alicization SAO karya Reki Kawahara ini. Manga tersebut katanya akan mulai diterbitkan pada tanggal 9 Agustus nanti. Dan akan mulai diterbitkan dalam majalah Dengeki Bunko Magazine volume ke 51. Lalu disusul dengan pengumuman akan diterbitkannya adaptasi manga dari game konsol PlayStation 4 SAOSword Art Online: Hollow Realization dalam sebuah seri majalah spesial untuk seri Sword Art Online.

Sekilas tentang “Sword Art Online: Arc Alicization

Cerita dari arc Alicization ini berawal pada bulan Juni, 2026. Kirigaya Kazuto (Kirito) ditawari pekerjaan di sebuah perusahaan swasta bernama Rath, oleh Kikuoka Seijirou. Seorang anggota penanganan Korban SAO sebelumnya yang sudah berkerja sama dengan Kazuto sejak akhir insiden Sword Art Online. Pekerjaan tersebut adalah untuk menguji generasi ke 4 eksperimen mesin FullDive. Disebut juga Jiwa Penterjemah (STL), yang berlangsung pada prinsip-prinsip yang sama sekali berbeda dari mesin FullDive sebelumnya.

Tugas yang diberikan pada Kirito tampaknya sederhana, hanya tetap di FullDive terus menerus selama akhir pekan. Dan memori dari pengujian tersebut akan diblokir sebagai ukuran keamanan. Namun, tanpa sepengetahuanya, perusahaan itu tidak benar-benar menguji mesin itu sendiri. Akan tetapi menciptakan jenis khusus Bottom-up dari Artificial Intelligence (AI) untuk penggunaan militer.