Kesuksesan Niantic dalam mengembangkan Pokemon GO, membuka mata dunia dan masyarakat umum akan keseruan dan potensi teknologi Reality. Sekarang walau ketenaran Pokemon GO menurun, minat akan perkembangan teknologi itu semakin bermunculan, dari perusahaan besar sampai fansย level indie. Ini salah satu contoh barunya. Mina-san bosan nangkep Pokemon? Coba AR Date Hatsune Miku yuk ๐Ÿ˜‰

Ide ini sedang dikembangkan oleh seorang electric engineer dengan nama internet Alsione. Ia sedang mengembangkan program Augmented Reality (AR) yang dapat membuat user berinteraksi dengan Hatsune Miku.

AR sedikit berbeda dengan VR, dimana VR membuat semua dunianya virtual, AR memasukan elemen virtual kedalam lingkungan nyata yang direkam dari kamera. Pokemon GO adalah contoh yang paling bagus akan tipe teknologi virtual ini. Memakai kamera Smartphone dan memperlihatkan Pokemon virtual melalui kamera tersebut.

Alsione telah mengembangkan program ini cukup lama, dari tahun 2012an lalu. Sebelumnya ia memakai alat Xtion Motion Sensor yang digabung dengan Vuzix Wrap 920 VR yang dibuatnya sendiri. Tapi sekarang ia telah menggantinya dengan alat yang lebih up to date dengan teknologi VR saat ini, yaitu dengan memakai alat Microsoft HoloLens.

Alsione mengatakan Microsoft HoloLens memberikan simulasi Hatsune Miku dengan performa yang lebih tinggi, dan juga 100 kali lebih nyaman dipakai daripada kacamatanya sendiri. Untuk Hatsune Miku itu sendiri, model yang dipakai bukan buatan sendiri, tapi dari model Hatsune Miku yang dibuat oleh user Hakutory dalam program MikuMikuDance (MMD).

Untuk interaksi yang telah diprogram oleh Alsione, ia menunjukkannya dalam video demonstrasi yang di-upload olehnya di Youtube. Miku dapat di Summon saat programnya diaktifkan, dan setelah itu ia akan memberikan reaksi dari apa yang dilakukan lawannya. Dan jika programnya dinonaktifkan, Miku menghilang seolah di unsummon.

Miku dapat memberikan reaksi yang sederhana seperti memandang mengikuti posisi user dan berjalan mengikuti user, bahkan juga ikut duduk disebelah user saat user duduk. Sampai bereaksi jika user berusaha menciumnya. Miku juga bisa bereaksi marah kalau user berusaha mengintip melihat pantsunya dari bawah ๐Ÿ˜€

Dan dalam video terbarunya, Alsione memberikan sedikit tambahan reaksi lagi. Seperti membuat user dapat memegang bola virtual, yang jika dilempar dan mengenai kepala atau badan Miku, ia dapat merasa kesakitan. Walau belum mulus, ini bisa menjadi sesuatu yang keren jika lebih dikembangkan lagi. Apalagi untuk para otaku ya ๐Ÿ˜‰

Comments

LEAVE A REPLY