Kabar duka kembali menyelimuti dunia j-music jepang. Bukan tentang kematian sih, ada yang lebih makjleb dari soal melepas musisi kesayangan pergi ke surga. Tapi masalah bubar yang juga kerap jadi momok menakutkan para fans. Bulan maret lalu Kalafina sudah berhasil bikin fans sedih. Menyusul hari ini, kabar Aqua Timez bubar juga bikin banyak orang berderai air mata.

aqua timez bubar
album ke-8 atau mungkin juga bakal jadi album terakhir Aqua Timez

Terutama pecinta j-music golongan lawas nih. Kayak mimin, pasti kalian sudah sangat hafal banget dengan alunan musik Aqua Timez. Suara khas Futoshi-kun yang melengking sekalugus lembut, atau lagunya yang selalu bikin adhem telinga. Makanya pas ada kabar yang nyebutin kalau Aqua Timez bubar rasanya cocoro mimin pun ikut retak. 🙁

Kabar ini pertama kali disampaikan oleh official webiste mereka kemarin. Aqua Timez menyatakan akan bubar pada akhir tahun 2018. Dalam pengumuman tersebut disampaikan bahwa mereka merasa telah mencapai apa yang ingin mereka capai sampai saat ini. Dan keputusan ini adalah keputusan bersama dari seluruh member.

Berikut adalah terjemahan dari surat perpisahan yang diwakili sang vokalis:

“Untuk para fans tercinta,
Kami, Aqua Timez memutuskan untuk mengakhiri semua kegiatan pada tahun 2018. Ini adalah keputusan final seluruh member. Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

15 tahun kami berdiri sebagai sebuah band.

Aku mememahami sepenuhnya tentang perbedaan yang ada. Dan karena itu juga aku jadi sangat menyukai semuanya.

Kami selalu berusaha memahami satu sama lain dan tentunya aku menyayangi seluruh member kami. Aku selalu menyalahkan diri sendiri bahkan sampai saat ini tapi semua berusaha, semua telah memiliki ikatan yang menguatkan satu sama lain.

Untuk semua fans,
untuk lagu yang telah kita nyanyikan bersama,
untuk hal-hal tak terkendali yang membuat kita tertawa bersama,
untuk ikatan yang telah kita bangun dan yang disebarluaskan bersama Aqua Timez,
dan untuk seluruh kuatan yang membuat kita bangkit sampai sebesar ini,

Semuanya adalah hal yang berharga bagiku.

Akan sangat membanggakan jika lagu yang kalian semua nyanyikan dengan bersemangat selama ini, tetap menjadi lagu yang membuat kalian ingat Aqua Timez sampai kapanpun nanti.

Terima kasih banyak semuanya.”

Sebuah tour perpisahan untuk menandai Aqua Timez bubar ini akan dilaksanakan mulai Mei sampai September. Detail tentang tour akan diumumkan segera.

Wah, nggak kerasa banget ya akiba-chan dan akiba-kei. Band bentukan tahun 2003 dibawah label Epic Records Japan ini tentu sudah mengakar di hati kalian semua. Mimin sangat ingat sekali saat pertama kali mendengar lagu berjudul “Ketsui no Asa ni” langsung auto mbrebes mili nih air mata. :'( Apalagi kalau inget banyak soundtrack anime yang diisi mereka. Wuh rasanya nggak rela aja denger mereka bubar.

Tapi ya gimana lagi ya. Kita doakan yang terbaik ajalah buat mereka. Semoga selalu sehat dan bisa terus berkarya.

Yang mau nostalgia silahkan siapkan tisu dengerin lagunya dibawah ini :”)

Comments