Negara Jepang terkenal akan alamnya yang indah, tapi yang namanya alam kadang tak hanya indah tapi juga bisa berbahaya, dan Jepang lumayan sering perlu menghadapi hal macam itu. Mulai dari fauna liar sampai bencana besar macam tsunami dan gempa dan lain-lain. Tak mengherankan jadi suka dikembangkan alat-alat yang bisa membantu dalam menghadapi bencana, dan salah satunya yang baru dirilis adalah app NERV ini.

App ini bernama lengkap Tokumu Kikan NERV Bousai Apuri yang berarti App Pencegah Bencana Organisasi Rahasia NERV yang dikembangkan oleh Gehirn. Dan ya, nama app tersebut mereferensikan organisasi NERV yang muncul dalam anime Evangelion.

Mereka adalah organisasi yang membangun para EVA untuk menghadapi para Angel, yang membuat mereka memang memiliki peran dalam menghadapi bencana besar yang membahayakan dunia dalam anime Evangelion.

Tapi bagaimana cara kerja app ini? Sayangnya app ini tidak membuat user bisa summon EVA raksasa, tapi tetap berfungsi penting dengan memberikan update akan info bencana alam yang terjadi secara real time, dan juga akan memberikan notif kepada user jika level bahaya bencana dekat user semakin meninggi.

App tersebut merupakan tiruan dari akun Twitter Tokumu Kikan NERV yang pertama diluncurkan pada tahun 2011 lalu yang memberikan berbagai info mengenai pencegahan bencana, yang diluncurkan mengikuti terjadinya bencana besar yang menimpa negara Jepang pada tahun itu, Gempa Tsunami Tohoku.

Selain elemen tambahan keren dengan memakai referensi seri Evangelion, app ini memang memiliki fungsi yang penting bagi masyarakat Jepang baik itu fans anime atau bukan, mengingat lumayan sering terjadinya bencana alam disitu. Mungkin karena itu, app ini terbukti populer dan mendapatkan banyak review positif.

App tersebut telah diunduh sampai 100.000 kali pada hari pertama perilisannya pada tanggal 1 September kemarin, yang juga merupakan Hari Pencegahan Bencana di Jepang. App ini dapat diunduh gratis dan saat ini hanya dirilis untuk iOs, tapi telah diumumkan juga kalau versi Android dari app itu akan dirilis nantinya.