Awal era baru Reiwa di Jepang rasanya juga memberi berbagai kabar seru mengenai seri-seri animanga JUMP. Selain kemunculan beberapa seri baru, beberapa nama lama juga hadir kembali, seperti Kishimoto dengan manga barunya setelah Naruto, Obata Takeshi akan membuat manga Death Note baru, dan kali ini, muncul kabar dari seri Gintama, yang mengumumkan kalau app Gintama akan rilis chapter manga baru beberapa hari lagi.

Seperti yang mungkin sudah banyak yang tahu, manga Gintama karya Sorachi Hideaki sedang galau/ngeTroll dalam mentamati ceritanya 😀 dengan berkali-kali mengabarkan kalau manga Gintama akan tamat, tapi begitu sampai pada titik final, eeeeeeee dibilangnya gajadi. Cocok sih dengan kekonyolan seri tersebut.

Pertama dikabarkan kalau manga Gintama akan tamat pada tanggal 15 September 2018 kemarin. Tapi begitu tanggalnya tiba dan chapter Final tersebut keluar, dikabarkan kalau itu adalah chapter akhir Gintama dalam majalah manga Shonen JUMP, dan mereka ada tiga chapter akhir lanjutan dalam majalah manga JUMP Giga. Permainan kata yang pintar.

Majalah manga JUMP Giga kemudian sesuai pengumuman tersebut, mulai merilis lanjutan kisah akhir Gintama mulai dari bulan Desember, dan dirilis per bulan pada bulan Januari, dan terakhir pada bulan Februari… tappiii~

Pada chapter akhir Gintama dalam majalah JUMP Giga, diberikan pengumuman baru lagi. Dengan Gintoki yang babak belur meminta permohonan maaf kepada para pembaca, atas pengumuman kalau manga Gintama akan lanjut sedikiiiiit lagi dalam app official Gintama.

Dan sesuai dengan hal itu, kini diberikan update baru mengenai lanjutan manga Gintama tersebut. App official Gintama kemarin memberikan pengumuman kalau chapter baru Gintama, yang merupakan chapter 702, akan mulai dirilis pada tanggal 13 Mei nanti. App Gintama juga mengatakan kalau ini benar-beeenarr sungguh-sunggguhh memulai countdown sampai climax kisah Gintama…

Yaaaaaaaaaaaaa~ tak ~ yakin~ juga~ deeeh 😀 setelah berkali-kali sejak beberapa tahun lalu memberikan teaser akan akhir manga Gintama, malah terus saja berlanjut, semakin tak meyakinkan kalau ini benar-benar final Gintama. Tapi bagi yang mau, bisa coba cek app official Gintama dimana chapter baru tersebut bisa dibaca gratis, tapi RAW.