Content provided by Keepo. Kalo kamu suka buka Instagram, mungkin akhir-akhir ini ada beberapa temen kamu yang nge-share aplikasi bernama Vero di Instagram Stories atau lewat postingan mereka. Yup, akhir-akhir ini aplikasi mobile Vero tiba-tiba viral di Instagram ataupun media sosial lainnya, dan aplikasi ini digadang-gadang sebagai aplikasi pengganti Instagram! Wah, emang apa sih aplikasi Vero ini? Kita coba telusuri lebih lanjut ya.

Baca Juga: Buset, Di Jepang Ada Live Show Rap Kentut dgn Bintang JAV?!

More article from Keepo.

1 – Vero disebut-sebut sebagai “Facebook Killer” dan juga Instagram Killer”.

Vero disebut-sebut sebagai

Jangan keliru ngebedain aplikasi Vero dengan Vevo atau Void (yang emang news feed nya mirip kalo kamu belom terkoneksi). Vero sekarang ini lagi jadi trending di App Store, dan banyak yang bilang kalo aplikasi ini adalah aplikasi “Facebook Killer” dan “Instagram Killer” karena kemampuannya yang katanya “Ad Free” maupun tanpa algoritma baru Facebook maupun Instagram yang menurut sebagian orang menjengkelkan.

Yup, aplikasi ini sekilas mirip banget dengan Instagram. Kamu bisa upload foto kamu, lalu membagikannya ke teman-teman atau rekan yang udah kamu set sebelumnya. Dan gak cuma foto, kamu juga bisa membagikan musik, film, link ataupun buku yang kamu sukai.

2 – “Udah banyak aplikasi media sosial yang beredar, kenapa kok masih ada yang buat baru lagi?”

Pasti ada di antara kamu yang protes,

“Buat apa sosmed banyak-banyak? Ngurusin 2 aja udah kelimpungan!”

Menurut pihak aplikasi Vero sendiri, mereka mengungkapkan bahwa mereka prihatin dengan fungsi media sosial sekarang ini yang penuh dengan ads (iklan) ataupun algoritma yang membatasi ruang gerak user. Karena itu, Vero berusaha menciptakan media sosial yang lebih “alami”. Artinya, tanpa iklan dan tanpa algoritma.

3 – Vero gratis loh! Untuk sekarang ini sih…

Vero gratis loh! Untuk sekarang ini sih...

Untuk saat ini aplikasi Vero masih menggratiskan aplikasinya untuk 1 juta user pertama yang berhasil mendaftar. Tapi ke depannya, mereka berencana untuk menetapkan biaya bulanan supaya kamu bisa terus menggunakan aplikasi ini. Berapa jumlahnya, masih belum jelas. Karena itulah, mereka berani mengatakan kalo aplikasi mereka ini ads free.

4 – Soal algoritma, Vero menyatakan bahwa semua tampilan foto yang di-share bakalan urut sesuai waktu posting.

Soal algoritma, Vero menyatakan bahwa semua tampilan foto yang di-share bakalan urut sesuai waktu posting.

Mungkin kamu bingung pas tiba-tiba nemu foto dari salah satu temenmu tiba-tiba muncul di urutan pertama news feed, padahal fotonya udah di-posting 3 hari lalu. Apa ya sebabnya?

Itu karena algoritma Instagram yang menggunakan Engagement. Semakin banyak orang yang ngasih komentar dan like pada salah satu foto, algoritma Instagram bakalan membuat foto terus lebih lama nongol di news feed kamu. Buat sebagian orang, ini cukup membantu bisnis orang yang memasarkan produknya lewat Instagram. Tapi buat orang yang murni pengin pake media sosial cuma buat berbagi dan tetap terhubung dengan teman, that’s sucks!

Karena itulah, Vero menjanjikan kalo tampilan news feed bakal diatur secara kronologis, bukan dengan algoritma. User bisa ngatur siapa aja yang bakalan ngeliat postingan kamu, mulai dari teman dekat aja, teman biasa, kenalan, atau cuma follower kamu.

5 – Fungsinya mirip kayak kombinasi Facebook dengan Instagram.

Fungsinya mirip kayak kombinasi Facebook dengan Instagram.

Udah banyak yang bilang kalo Vero adalah “the new Facebook” dan “the new Instagram“, tapi mungkin lebih pas kalo mereka disebut sebagai kombinasi dari keduanya.
Mirip dengan Facebook, karena kamu bisa add teman dan juga follower. Kamu juga bisa chat dengan mereka. Dan kamu bisa berbagi banyak hal dengan mereka, mulai dari link, tulisan, foto, musik, rekomendasi film ataupun buku, dll. Tapi Vero belom punya fitur untuk membuat event ataupun grup.

Di sisi lain, Vero juga mirip Instagram karena kamu bisa ngepost foto yang udah dipercantik dengan berbagai fitur foto editing, tapi tanpa stories.

6 – Tapi terlepas dari semua fitur-fiturnya, Vero masih menyisakan banyak masalah. 

Tapi terlepas dari semua fitur-fiturnya, Vero masih menyisakan banyak masalah. 

Mungkin itu yang ada di pikiran kamu.
Emang jaminan “ads free dan tanpa algoritma ini bener-bener menjanjikan banget. Apalagi buat kamu yang udah sebel karena harus kelewatan foto-foto gebetan atau mantan, atau foto-foto dari akun favorit kamu. Tapi Vero sendiri masih punya banyak masalah.

Pertama, Vero lemot banget! Gue udah nyoba sign up, dan, meh, susah banget buat bisa terkoneksi dengan server Vero. Alhasil, waktu pertama kali join, gua terdaftar tanpa nama dan tanpa foto profil. Pas mau ngedit, eh, ternyata perjuangannya bener-bener dahsyat, gagal terus!

Kedua, begitu sukses, ternyata efeknya gak cuma itu aja. Server Vero kayaknya overload, dan akhirnya Vero pun gak sanggup menampilkan nama user! Kamu pun bisa ngeliatin pemandangan misterius kayak gini…

Selain itu, karena koneksinya lemot, kamu juga agak sulit buat terhubung dengan halaman utama Vero. Bahkan saking lemotnya, hapemu kayak freezing. Dan pas kamu udah pake aplikasi lain, tiba-tiba aplikasi Vero nongol gitu aja di layar hape akibat hal yang kamu lakuin sebelum Vero-nya freezing. Persis kayak mantan yang tiba-tiba nongol tanpa diminta, padahal sebelumnya udah berusaha keras cari perhatian.

Dan salah satu kekurangan Vero adalah, kamu gak bakalan bisa log out! Mau dicari kayak apapun, kamu gak bakalan nemu pilihan untuk log out. Bahkan untuk delete account pun kamu bakal kesulitan, soalnya pilihan untuk hapus akun ternyata cukup tersembunyi. Sekalinya nemu dan udah kamu klik, entah kapan kamu bisa bener-bener diijinkan untuk “keluar”.

Gue pribadi sih suka dengan aplikasi Vero. Tampilannya fresh, beda banget dengan Instagram yang full putih. Vero tampil dengan warna hitam ala night mode yang emang bisa membuat mata gak gampang capek dan lebih fokus ke fotonya. Tapi emang perlu waktu untuk bisa move on dari Instagram. Apalagi dengan berbagai masalah yang masih ada dan rencana berbayar ke depannya nanti.

Udah nyobain aplikasi Vero? Gimana menurut kamu?