Pernah nggak sih? kalian merasa kebelet pipis atau poop pake banget di tempat umum tapi pas ke toilet antrinya kayak orang mendaki? Sebel banget nggak sih kalo kayak gitu. Udah yang antri banyak, mau ke toilet lain juga nanggung takut mengalami hal serupa. Nah, ternyata warga jepang juga ada yang mengalami kayak gini kok 😀 Terutama di tempat ramai macam Tokyo Subway Station. Maka dari itu merekapun mulai meluncurkan sebuah aplikasi pencari toilet kosong. Biar pas kebelet nggak galau nunggu antrian.

Kawasan Tokyo Subway ini memiliki bangunan yang sangat luas. Terdiri dari koridor yang beberapa di antaranya sangat kompleks sehingga menurut beberapa orang bahkan terlihat seperti dungeon RPG tak berujung. Misalnya di sini yang paling ruwewt adalah peta bangunan stasiun kereta bawah tanah Ikebukuro – Tokyo Metro. Ini dia petanya:

Yang dilingkari garis merah adalah toilet umum. Lumayang banyak tapi sangat berjauhan letaknya. Jadi kalau kalian sedang tak hoki saat ada “panggilan alam” terus pas masuk toilet ternyata penuh, bakal memakan waktu lama buat sampai ke toilet selanjutnya. Itupun kalau lagi kosong, lha kalau penuh juga? dobel no lucky deh ya. 😀

Han untuk mengatasi permasalahan tersebut jepang akhirnya meluncurkan aplikasi pencari toilet.  Terhitung mulai tanggal 1 Desember kemarin, penduduk jepang terutama yang bakal hilir mudik di Tokyo Subway dapat menikmati layanan ponsel android ini secara free. Layanan ini berada dalam satu aplikasi dengan Tokyo Metro Apps. Gunanya adalah untuk memeriksa ketersediaan toilet kosong. Secara real time saat itu juga.

Layanan yang dinamakan  Toilet Vacancy Information ini memungkinkan pengguna untuk mengetahui jumlah total dan berapa banyak bilik toilet yang sedang kosong. Yang terletak antara Marunouchi, Yurakucho, Fukutoshin serta Echika Ikebukuro.

Informasi tersebut terus diperbarui oleh sensor yang mencatat saat pintu bilik toilet ditutup atau tidak. Kemudian mengirim data ke server Metro Tokyo, yang akan mengirimkannya ke pengguna aplikasi. Tapi akiba-chan dan akiba-kei tidak perlu khawatir. Mengambilan informasi ini nggak pakai kamera kok.

toilet kosong

Tau toilet sedang kosong atau tidaknya bukan berdasarkan pantauan kamera live ya. Melainkan pakai sensor hitam yang ada tanduknya macem rooter wifi gitu deh. Jadi kalian akan tetap aman dan tidak bakal merasa diawasi saat poop 😀 Canggih ya, kalau disini ada, mimin kayaknya juga bakal kebantu banget pas berburu sale di mall 😀