Konnichiwa Akiba-chan dan Akiba-Kei. Masih ingat ngga dengan event café Rendezvous of Sword? Event Rendezvous of Sword. Kemarin tim Akiba sempet lho ngobrol bareng dengan guest star mereka, yaitu Aphin, Kazuya, dan Baka Soseji. Pada kesempatan itu kita sharing lhoo soal pendapat mereka mengenai Crossplay.

Ya, siapa sih yang ngga mengenal Aphin dan Kazuya? Kedua cosplayer bertalenta ini terkenal dengan cosplay mereka yang selalu ganteng jika memerankan karakter pria. Tidak tanggung-tanggung cosplay dan make up mereka tidak hanya keren tapi sudah mendekati kemiripan dengan karakter.

Sumber : Left photo by Red Charlotte CosuGraph l Right Photo by Van Lim

Aphin dan Ayu bercerita keduanya sudah memulai cosplay sudah cukup lama bahkan sejak mereka masih SMA. Keduanya banyak melakukan crossplay menjadi karakter-karakter ikemen sejak mereka masuk ke dunia cosplay. Aphin dan Kazuya mengaku keduanya menyukai crossplay awalnya karena merasa tidak percaya diri untuk cosplay sebagai karakter cewek.

Namun sekarang ini Aphin sudah mulai untuk bercosplay menjadi karakter wanita, karena menurutnya model make-upnya sendiri juga berbeda dan tantangannya berbeda. Sampai saat ini pun ada karakter wanita yang sangat ingin ia perankan adalah Card Captor Sakura. Sedangkan Kazuya yang memang jarang bercosplay karakter wanita mengaku ingin menjadi salah satu karakter dari Kaleido Star.

Aphin dan Kazuya mengaku walaupun suka mengcosplaykan karakter cowok yang cool, tapi mereka tidak terlalu suka menjadi karakter yang pendiam dan kurang ekspresi. Menurut mereka akan sangat sulit ketika mereka harus mengkespresikannya dalam foto. Saat ini yang juga menjadi tantangan adalah melakukan karakter cowok yang top less dan berotot, karena mereka ingin agar walaupun top less namun tidak terlihat dipaksakan.

Sumber : Left photo by ZommoZomb l Right Photo by Dicky Kurniawan

Mereka juga menceritakan pengalaman-pengalaman unik ketika melakukan crossplay di event. Keduanya merasakan bagaimana sulitnya ketika setiap mereka ke toilet mereka selalu dikira sebagai laki-laki. Bahkan Kazuya ketika diminta berfoto bersama anak kecil diteriaki sebagai “Ayah Baru” untuk anak tersebut. Pengalaman-pengalaman seperti ini tentunya dirasakan oleh kalian yang suka melakukan crossplay.

Menurut Aphin dan Kazuya melakukan crossplay baik itu dilakukan oleh cewek atau cowok merupakan kebebasan berekspresi. Selama tidak menyalahi aturan dan mereka melakukannya karena ia menyukai karakter tersebut tidak masalah. Syukur-syukur kalau banyak yang suka.

Hal ini pun diaminkan oleh Baka Soseji yang juga hadir, menurutnya walaupun ia belum pernah mencoba melakukan crossplay, tapi dia sama sekali tidak masalah, karena hal tersebut adalah kebebasan berekspesi masing-masing orang.

Kazuya berpesan bahwa untuk bisa bercosplay ataupun crossplay dengan bagus adalah berawal dengan banyak berlatih dan berusahalah semaksimalk mungkin supaya kamu bisa cocok mengkarakterkan karakter tersebut.

Comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here