Siapa disini yang hobi membuat atau mengoleksi model gundam atau gunpla? Hobi gundam model kit memang sejak dulu memiliki popularitas yang besar, tak hanya di negara asalnya tapi juga diluar, bahkan juga di Indonesia ini. Dan ada kabar seru yang bagus bagi para kolektor dan perakit gunpla, karena Bandai baru-baru ini mengumumkan kalau mereka mulai melakukan pembangunan pabrik Gunpla baru lagi!

Bandai Spirit yang merupakan bagian subsidiary mainan hobi dari perusahaan Bandai Namco mengatakan kalau mereka akan memulai produksi dari pabrik Bandai Hobby Center Shinkan pada Musim Gugur 2020 nanti.

Konstruksi pabrik baru ini akan dimulai pada bulan Desember ini di tanah area pabrik Bandai Hobby Center yang sudah ada, dengan ekspansi ini akan termasuk penambahan enam mesin baru. Projek konstruksi ini direncanakan dapat meningkatkan produksi sampai 1.4x lipat dari bulan ini.

Alasan dari penambahan pabrik baru tersebut dikatakan adalah sebagai antisipasi akan semakin tingginya permintaan Gunpla model kit untuk kedepannya, dengan salah satu pendorongnya dikatakan karena saat ini franchise Gundam sedang merayakan Anniversary ke-40 tahunnya.

Dan perayaan tersebut melakukan berbagai kolaborasi meriah yang bisa membawa fans baru atau memanaskan fans lama. Seperti yang telah dikabarkan dengan adanya kolaborasi bersama Hello Kitty dan Olimpiade Tokyo 2020.

Selain itu, ini juga antisipasi akan adanya anime Gundam baru. Dengan seri anime Gundam Build yang konsep ceritanya memberikan fokus utama pada hobi perakitan model Gundam, akan menayangkan anime terbarunya, Gundam Build Divers Re:Rise yang akan tayang Oktober tahun ini.

Sedikit kabar sampingan menarik bagi kita fans Gundam di Indonesia, Bandai Jepang baru-baru ini dikabarkan juga merilis seri tersebut resmi di Indonesia, menjadikan Indonesia sebagai negara pertama diluar Jepang yang bisa menikmati Build Divers Re:Rise dalam bentuk Gunpla kit.

Tapi tak hanya Indonesia, karena seri Gundam juga kemungkinan akan semakin populer lagi di barat dan hobi gunpla bisa jadi lebih besar lagi disitu, dengan adanya projek film Hollywood Gundam live-action yang ditangani oleh Legendary Pictures.