Pada tanggal 28 Juni kemarin menjadi hari menyedihkan bagi fans anjing lucu maskot Softbank. Anjing fuwafuwa bernama Kai-kun tersebut telah meninggal dunia. Dilansir dari official softbank, Kai-kun meninggal karena memang sudah saatnya. Karena anjing ini telah berusia 16 tahun. Jadi bukan karena sakit atau mengalami kecelakaan.

Semasa hidupnya, maskot softbank yang satu ini memang selalu dipuja baik oleh para fans maupun masyarakat. Ia kerap muncul dalam berbagai kolaborasi baik dalam iklan maupun animanga. Ia bahkan sempat beberapa kali bermain film meskipun tak setenar Hachiko.

Kai-kun sering kali membuat orang salah sangka. Orang awam pasti mengira dirinya Shiba atau Akita. Padahal jenis aslinya adalah Hokkaido Inu alias Ainu. Ia merupakan keturuan asli anjing ras jepang yang sangat dihormati. Kai-kun sendiri lahir dan besar di kota kecil Mukawa bersama 2 saudaranya Nene dan Polo.

maskot softbank

Nama “Kai” diambil dari kata yang berarti “laut”. Mewakili tempat favoritnya saat menghabiskan waktu bersama sang majikan. Di tahun 2004 Kai-kun memperoleh peran pertamnya dalam drama Tenka besutan NHK dan Tale of 8 Dogs sebagai tokoh utama. Ia juga membintangi film Shitaro Family series yang diprakarsai Softbank.

Namun semakin populer ternyata membuat anjing maskot softbank ini mengalami masa sulit juga. Ada masanya ia merasa tidak nyaman dan tidak mau berakting. Ia bahkan memporakporandakan stage dan menyerang beberapa orang.

Menurut dokter hal itu dikarenakan tekanan role dan membuat anjing itu stress. Sehingga sang pemilik segera mengambil tindakan. Akhirnya di mengumumkan pensiun saat sudah menginjak usia tua. Agaknya sang pemilik tau bahwa Kai-kun butuh udara segar di hari tuanya.

Sayonara Kai-kun. Semoga kamu beristirahat dengan tenang. Meskipun sudah tidak bisa tampil lagi di televisi pasti masih banyak fans yang mengingatmu kok. :’) FYI, Kai-kun punya dua anak lekaki yang juga sudah memulai debut di dunia entertainment.