Walau termasuknya realtif aman, tindakan kriminal dan kejahatan tetap ada di Jepang. Dan yang lumayan sering muncul adalah sekuhara alias sexual harrassment atau pelecehan seksual. Dan hal tersebut juga bisa terjadi dalam dunia entertainment dan anime. Contohnya yang baru adalah anisong singer Elisa yang baru-baru ini dikabarkan sudah lama menjadi korban sekuhara dimana pelakunya adalah managernya.

Elisa adalah penyanyi dan juga model asal Jepang yang telah aktif sejak 2007. Banyak lagunya yang dipakai sebagai lagu tema anime, seperti lagu debutnya yang berjudul Euphoric Field yang menjadi opening anime Ef Tale of Memories.

Contoh anisong lain yang dinyanyikannya adalah ED Mahouka Koukou no Rettousei yang berjudul Millenario dan ED Nabari no Ou yang berjudul Hikari. Ia juga yang menyanyikan semua ED untuk season pertama anime Kagaku no Railgun dan anime Valvrave. Ia juga pernah konser ke Indonesia dalam event AFA ID 2016.

Tapi balik ke topik utama, baru diumumkan kalau sang penyanyi telah menghapus kontraknya dengan agensinya Smile Company, tapi yang lebih mengejutkan dan menyedihkan adalah dikatakan kalau ia menjadi korban sekuhara dari managernya. Tak diberikan namanya, tapi ia adalah pria berumur 30 tahunan yang sudah beristri dan punya anak.

Elisa bekerja dengan sang manager sejak Mei 2018, dan sudah ada lumayan banyak tindakan pelecehan yang dilakukan sang manager kepadanya. Elisa menceritakan kalau sang manager suka memakai alasan meeting kerjaan untuk mengundangnya makan dan kemudian memeluk dan menciumnya saat mabuk.

Tapi ada contoh yang lebih parah lagi, dengan sang manager juga dikatakan pernah menurunkan celananya dan menyuruh Elisa untuk “menghisapnya”. Dan saat Elisa pindah rumah sang manager datang untuk membantunya, tapi kemudian memaksanya keatas ranjang.

Elisa sudah melaporkan hal itu pada Smile Company, tapi tak ada solusi. Perusahaan itu menyimpulkan kalau itu bukan sekuhara tapi masalah pasangan, dan bahkan presiden perusahaan itu juga menjauhinya. Elisa akhirnya mengatakan ia akan berhenti dari perusahaan itu pada Januari 2020, dan sesuai dengan itu kontraknya telah berakhir tanggal 30 September kemarin.