Negara Jepang telah banyak mencampurkan teknologi dengan dunia animanga dan game. Kita sudah melihatnya dalam pemakaian Artificial Intelligence untuk mewarnai manga secara otomatis, menikahi waifu melalui VR, atau memakai suara Seiyuu untuk membuat vending machine terasa dapat berinteraksi. Dan bicara soal seiyuu, baru-baru ini diumumkan gadget unik bernama Animegaphone, alat peniru suara seiyuu anime.

Ya, sedang dibuat sebuah megaphone yang canggih, yang sistem didalamnya bisa mengubah suara penggunanya menjadi suara seiyuu-seiyuu anime terkenal. Tapi kenapa alat itu dibuat? Kenapa meniru suara? Dan kenapa bentuknya megaphone?

Semua itu bisa dijawab sederhana dengan dua kata, Crowd Control. Dengan semakin berkembangnya industri entertainment seperti anime dan idol, akan semakin banyak event-event yang diadakan untuk meramaikan fans, dan penjaga keamanan akan butuh bantuan mengatur para pengunjung/penonton.

Memang Jepang termasuknya negara yang lumayan teratur, tapi bukan berarti otomatis tak ada masalah sama sekali. Seperti keramaian yang sempat terjadi dalam event Pop Team Epic beberapa waktu lalu contohnya. Tetap saja bisa ada masalah yang terjadi. Dan dengan alat ini, bisa saja dipakai untuk membawa keteraturan dalam event.

Lagipula, tentu akan lebih memberi impact jika para penonton yang ramai di”tenang”kan oleh suara seiyuu yang mereka kenal dan sukai. Layaknya mendiamkan anak bandel dengan suara omelan keras orang tuanya 😀 itulah inti dari apa yang diharapkan oleh pembuat alat tersebut. Dengan Animegaphone, pengunjung dapat lebih taat dan memperhatikan aturan yang diberikan.

Tapi walau namanya ‘Anime’gaphone, dikatakan ini bisa dipakai dalam konser penyanyi, jadi kemungkinan besar alat ini juga bisa meniru suara idol atau penyanyi lain nantinya. Tapi saat ini yang terlihat diutamakan oleh marketingnya adalah untuk bagian anime.

Ini terlihat lagi dengan pengetesan alat tersebut, yang akan dilakukan nantinya dalam event Wonder Festival 2018 musim dingin yang akan diadakan tanggal 18 Februari di Makuhari Messe di Chiba. Dalam pengetesan tersebut akan dipakai dua suara seiyuu.

animegaphone

Suara prianya akan dites melalui suara Hirata Hiroaki, mina-san akan tahu suaranya sebagai Wild Tiger Koutetsu di Tiger & Bunny dan Sha Gojyou di Saiyuki. Tapi perannya yang paling dikenal pastinya Sanji dari One Piece.

Suara wanitanya akan dites melalui suara Koiwai Kotori, mina-san akan tahu suara imutnya sebagai Daichi Nono dalam Aikatsu, Elaine dalam Nanatsu no Taizai, dan Miyauchi Renge Nyanpassuu~ dalam Non Non Biyori.

Comments

Loading...