Sebagai negara diproduksinya banyak animanga dan game, tak jarang bagi negara Jepang juga memakai hal tersebut untuk melakukan promosi akan hal lain. Dengan yang paling umum adalah melalui Anime Pilgrimage untuk menguntungkan industri turisme. Dan selain bisnis, animanga bisa juga dipakai untuk mempromosikan aktivitas tertentu, contohnya anime Yama no Susume yang ingin fans mendaki gunung asli.

Baca Juga: 10 Anime Terbaru 2018 Paling Ditunggu Penonton (UPDATED)

Yama no Susume berawal dari manga buatan Shiro. Mengisahkan seorang anak perempuan bernama Aoi yang memiliki agoraphobia dan lebih suka dalam rumah, dan teman masa kecilnya bernama Hinata yang suka gunung. Tapi walau adanya perbedaan tersebut, keduanya memutuskan untuk mendaki gunung, untuk dapat melihat matahari pagi dari puncak, seperti yang pernah mereka lakukan saat mereka kecil dulu.

Manga tersebut telah diadaptasi menjadi anime, yang telah ditayangkan sebanyak dua season, season pertama pada musim dingin 2013, dan season kedua pada musim panas 2014. Dan setelah sekian lama, season ketiganya akan tayang pada bulan Juli tahun ini.

Dan dalam pertengahan penayangan season barunya itu, bertepatan juga dengan sebuah hari besar di Jepang bernama Hari Gunung, yang jatuh pada tanggal 11 Agustus. Hari untuk merayakan banyaknya gunung dan pegunungan di kepulauan negara Jepang, dengan mendaki menjadi salah satunya.

Tapi mina-san mungkin tak begitu tahu akan hari tersebut, karena memang Hari Gunung ini baru diresmikan oleh Pemerintah Jepang dari tahun 2016 lalu, dan warga Jepang itu sendiri juga masih ada yang tidak mengetahuinya.

Dan salah satu cara untuk menyebarkan kesadaran akan Hari Gunung itulah, dan mendorong warga Jepang untuk mendaki gunung-gunung di Jepang, dilakukan kerjasama dengan anime Yama no Susume ini. Yang baru-baru ini diumumkan oleh anime Yama no Susume dan juga oleh Konferensi Hari Gunung Nasional Jepang.

Diumumkan bahwa para karakter utama dari Yama no Susume; Aoi, Hinata, Honoka, Kaede, Kokona, telah dipilih untuk menjadi Ambasador Hari Gunung. Secara kebetulan, tanggal tersebut juga merupakan ulang tahun dari karakter Kokona.

Sebagai bagian kerjasama tersebut, sampai tanggal 30 April nanti, disebarkan berbagai flyer dan poster sebagai promosi, yang didistribusikan kepada sekolah-sekolah dan klub-klub pendaki gunung diseluruh Jepang. Ide yang menarik sekali mina-san 😉 bisa mendorong fans animanga untuk berolahraga tuh.