Wabah virus corona ini membawakan dampak pada dunia anime, yang membuat perilisan banyak anime musim ini kena delay, dan yang bikin sedih lagi adalah dikabarkan kalau banyak anime sampai musim Fall 2020 juga sudah mulai mempertimbangkan delay perilisan mereka. Dan hal itu terbukti dengan pengumuman dari anime Yakusoku Neverland S2 yang seharusnya tayang tahun ini, jadi diundur sampai awal tahun 2021.

Promised Neverland atau Yakusoku no Neverland untuk judul Jepangnya, berawal dari manga yang dibuat oleh Shirai Kaiu dan Demisu Pozuka, dan diserialisasikan dalam majalah manga mingguan Shonen JUMP sejak Agustus 2016.

Mengisahkan tiga anak yatim piatu bernama Emma, Norman, dan Ray, yang tinggal bahagia dan damai dalam panti asuhan Grace Field House. Tapi suatu hari mereka menemukan rahasia gelap panti tersebut mengenai anak-anak yang “diadopsi” keluar, membuat mereka berusaha kabur dari situ bersama anak-anak lainnya.

Manga itu mendapatkan adaptasi anime tahun 2019 kemarin, dan kemudian diumumkan mendapatkan season baru lagi, yang direncanakan tayang pada musim Fall 2020, yang didahului dengan penayangan ulang season pertamanya pada musim Summer 2020. Akan tetapi seperti yang dikatakan diawal, wabah virus corona juga menyerang anime itu.

https://twitter.com/yakuneba_staff/status/1253172033384443904

Jadwal penayangan anime itu dalam tahun 2020 ini jadi kacau karena produksinya terganggu oleh masa darurat virus corona. Alhasil, telah diumumkan kalau penayangan season 2 dari anime Yakusoku no Neverland diubah dari bulan Oktober pada Fall 2020 diundur satu musim jadi pada bulan Januari 2021, pada musim Winter.

Dan ini juga membuat penayangan ulang season pertamanya, yang menggantikan penayangan season 2 itu pada bulan Oktober 2020. Akan tetapi tak diumumkan apakah ada perubahan untuk film adaptasi live-action Yakusoku no Neverland, yang direncanakan tayang Desember 2020 nanti.

Yakusoku no Neverland tidaklah sendiri akan hal ini. Seperti yang telah dikabarkan sebelumnya, selain banyak anime musim ini yang episode barunya kena delay, banyak anime yang keseluruhan penayangannya juga diundur sampai satu musim, seperti Oregairu season 3 dan ReZero season 2.