Jika kalian Akiba-chan dan Akiba-kei penggemar anime Jepang, pasti akan memperhatikan keseluruhan anime yang menjadi favorit kalian ketika menonton.  Dari segi cerita yang paling utama, hingga artwork yang digunakan dalam anime tersebut. Sadar tidak  jika ada loh anime unik dari segi artwork hingga konsep ceritanya. Dan berikut beberapa anime unik yang wajib kamu tonton.

1 – MONONOKE

Anime ini merupakan salah satu karya dari projek Ayakashi: Samurai Horor Tale yang merupakan anime anthology Horor Tv seri yang diproduksi oleh TOEI Animation yang tayang pada Januari hingga Maret 2006. MONONOKE berada pada episode 09-11 dari seri tersebut.

Kemudian pada Juli dan September 2017 dibuatlah sebuah spin-off anime dari anthology sebelumnya. Mononoke tetap diproduksi oleh Toei Animaton dengan sutradara anime Nakamura Kenji, dan naskah yang ditulis oleh Chiaki J. Konaka, Takahashi Ikuko, Yokote Michiko dan Ishikawa Manabu. Untuk sutradara animasi dan karakter desain dilakukan oleh Hashimoto Takahasi.

Anime mononoke ditayangkan pada Fuji TV diantara bulan Juli dan September 2017 dengan total 12 Episode yang berhasil ditayangkan. Mengusung alur cerita yang berlatar belakang era Edo di Jepang, anime mononoke semakin ciamik dengan artwork Ukiyo-e yang digunakan.

Kisah mononoke berpusat pada seorang penjual obat, yang dalam perjalanannya tidak hanya menjual obat tapi juga membasmi mononoke atau makhluk spiritual yang mengganggu dan menuntut balas pada manusia. Sang penjual obat dibekali dengan sebuah pedang yang ia gunakan untuk membasmi makhluk tersebut. Namun ia bisa melakukan aksinya jika 3 hal telah terpenuhi yaitu, Wujud (Katachi), Kebenaran (Makoto) dan Alasan (Kotowari). Jika ketiga hal tersebut belum terpenuhi pedang yang ia gunakan tidak dapat dibuka dan ia gunakan.

Jika kalian pecinta artwork yang rapi dan halus, mungkin anime ini bukan anime yang wajib kalian tonton, karena monoke memiliki artwork ala jaman edo dan juga sangat colorfull. Tapi jika kamu pecinta isi cerita yang sangat mendalam, mungkin anime ini bisa dimasukkan list kalian. Karena ditiap kisahnya menggandung unsur nilai kehidupan yang sangat menyentuh.

Untuk pecinta manga, karya ini juga diadaptasi dalam bentuk manga dengan bagian khusus hanya untuk “Bakeneko Hen” yang dibuat oleh Ninagawa Yaeko.

 

2 – KOI SENTO (Koisen)

Koi sento (コイ☆セント) merupakan japanese CG anime original video animation (OVA). OVA ini ditulis dan disutradarai oleh Morita Shuhei dan diproduksi oleh Sunrise.

Anime ova ini menggunakan artwork yang sangat unik dengan berbagai macam kolaborasi warna yang terdapat didalamnya. Selain itu grafisnya yang halus semakin menambah daya tarik dari anime unik ini.

Baca Juga: 10+ Anime Terbaru 2017 Spring Paling Wajib Nonton

Dengan kisah yang berpusat pada tahun 2710 di kota Nara, seorang bocah laki-laki yang bernama Shinichi tengah melakukan kunjungan wisata dengan teman satu sekolahnya. Ketika ia berjalan-jalan sendirian ia bertemu dengan seekor rusa berwarna putih. Rusa tersebut sangat berbeda dengan rusa lainnya, rusa itu kemudian mengambil tas Shinichi dan membawanya kabur. Shinichi dengan segera mengejar rusa tersebut hingga ia bertemu dengan seorang   gadis bernama Toto yang kemudian jatuh cinta padanya.

Kisah cinta yang menarik dibumbui dengan adegan kabur-kaburan menjadi sangat menarik. Dan ikon rusa putih yang ditemui Shinichi seolah menjadi ciri khas dari anime ini yang berlatar tempat di Nara. Dimana ikon dari kota nara adalah Rusa.

 

3 – SPIRITED AWAY

Jika kita berbicara tentang anime unik tentu produser yang satu ini termasuk di dalamnya. Yup siapa lagi kalau bukan studio Gibli. Dari sekian banyak karya yang pernah dihasilkan oleh studio Gibli. Karya yang satu ini cocok untuk masuk kedalam list anime unik kali ini. SPIRITED AWAY.

Spirited Away (千と千尋の神隠し) merupakan anime garapan Gibli pada tahun 2001 sebagai film anime fantasi Jepang. Film anime ini ditulis dan disutradarai oleh Hayao Miyazaki.  Dalam film anime ini mengusung tema spiritual yaitu dengan permainan atau fenomena spiritual bernama “Kamikakusshi”.

Kamikakushi merupakan peristiwa dimana seseorang atau kelompok tertentu tiba-tiba menghilang secara misterius. Dalam anime spirited away kisah berpusat pada Chihiro yang dalam perjalanan kepindahannya ia dan keluarga nya tanpa sengaja masuk ke dalam dunia arwah. Dalam peristiwa itu kedua orang tuanya berubah menjadi babi, dan demi menyelamatkan kedua orang tuanya dan agar bisa keluar dari dunia arwah. Chihiro bekerja ditempat Yubaba sang penyihir.

Cerita yang menarik ditambah artwork yang colorfull khas dari studio Gibli menjadi nilai plus dari anime garapan Hayao Miyazaki ini. Tak heran pula jika anime tersebut mendapatkan berbagai macam penghargaan  baik dalam Jepang maupun penghargaan international.

 

4 – SUMMER WARS

Kalau anime film yang satu ini merupakan anime yang oke banget ditonton ketika memasuki musim panas. Sesuai dengan judulnya “Summer wars” (サマーウォーズ)  anime ini berlatar belakang musim panas yang menyenangkan di Jepang. namun musim panas yang seharusnya menyenangkan itu berubah menjadi hal yang menakutkan ketika sebuah software jahat bermaksud untuk menyerang bumi.

Dibuat pada tahun 2009 oleh sutradara Mamoru Hosoda dengan animasi oleh Madhouse dan diproduseri oleh Warner Bros.Pictures. film Summer Wars layak untuk dinobatkan sebgai film animasi bergenre science fiction terbaik di Jepang. artwork yang sangat menarik dengan karakter desain yang lucu serta warna yang sangat beragam membuat film anime ini sangat unik dalam artworknya. Ditambah kisah survival yang tidak biasa ditayangkan dalam anime ini semakin menambah nilai plus anime tersebut.

anime unik

Tak hanya itu adanya nilai-nilai yang terdapat dalam pesan yang disampaikan oleh anime ini juga menjadi daya tarik yang tak dapat dipisahkan dalam anime SUMMER WARS

 

5 – KOTONOHA NO NIWA

Jika akiba-chan dan akiba-kei pengemar anime karya Makoto Shinkai, pasti kalian tahu tentang film ini.

Yup!! Kotonoha no niwa. Film yang dibuat pada tahun 2013 ini merupakan salah satu dari animasi drama Jepang yang terbaik, baik dari segi artwork hingga ceritanya. Ditulis, disutradarai hingga diedit sendiri oleh Makoto Shinkai, karya ini salah satu dari karya best of the best dari Makoto Shinkai.

Film berkisah pada Takao Akizuki yang merupakan seorang pembuat sepatu berusia 15 tahun, dan Yukari Yukino wanita misterius yang berumur 27 taun. Mereka saling bertemu di Shinjuku Gyoen National Garden ketika hujan di pagi hari. Saat itu Takao yang bolos sekolah untuk mendesain sepatunya, sementara itu Yukino yang tengah membolos dari pekerjaannya karena masalah pribadi dalam kehidupannya.

Bukan Makoto Shinkai jika tidak membuat karya dengan artwork yang spektakuler dengan alur cerita yang sedikit membingungkan dan mengguras emosi.  Benar?? Tapi justru dari hal itulah yang membuat karyanya selalu unik dan penuh warna.