Masa yang sedih bagi fans animanga, karena wabah virus corona juga memberikan dampak kepada dunia animanga, dengan membatalkan banyak event dan mengundurkan penayangan banyak anime baru. Dikabarkan kalau banyak anime musim ini yang penayangannya tak teratur karena itu, dan yang sedihnya lagi ini masih belum selesai. Dengan dikabarkan lagi kalau anime Summer & Fall 2020 kemungkinan bakal kena delay juga.

Menurut laporan dari website Sponichi yang mendapatkan info dari orang dalam industri pertelevisian, dikatakan kalau banyak stasiun TV yang sudah membicarakan mengenai delay penayangan anime yang dijadwalkan untuk bulan Juli yang merupakan musim panas dan Oktober yang merupakan musim gugur.

Semua itu dikarenakan kesulitan dalam tahap produksi, dengan anime dikatakan lebih lama dibuat daripada acara TV lainnya. Karena itu bahkan jika keadaan kembali lagi jadi normal, anime-anime yang sedang dibuat tersebut takkan siap untuk ditayangkan pada waktunya.

Dijelaskan juga dua masalah lain, yaitu pada animasi dan perekaman suara. Karena sistem rekaman studio seiyuu yang dilakukan ramai-ramai pada ruang tertutup, situasi tersebut sangat dilarang saat wabah virus corona. Ada beberapa seiyuu yang punya home studio sendiri, tapi tak semuanya ada, dan sesi rekaman pada semua projek saat ini jadi tak bergerak.

Dan untuk animasi, saat ini animasi dalam anime tak hanya dibuat di Jepang, dengan banyak yang melakukan outsource ke negara China dan KorSel, yang tentunya sedang menghadapi masalah virus corona dalam negeri sendiri.

Dan semua ini juga bercabang lagi pada hal-hal lain, dengan delay perilisan anime juga membuat delay pada event kolaborasi atau perilisan musik single, figure, game, dan lain-lain lagi demi mengikuti jadwal perilisan anime itu.

Semua ini hampir sesuai dengan prediksi yang dikatakan animator Kuboyama Eiichi yang mengatakan kalau penayangan anime pada bulan Juli terasa tak ada harapan. Sesuatu yang terasa menyedihkan, apalagi dengan sang orang dalam itu memperingati kalau delay macam itu akan berlanjut sampai ke masa depan yang tak dapat ditentukan.