Dijaman sekarang ini, semakin ke depan rasanya semakin ada saja hal-hal yang ada dalam dunia animanga yang berhasil direalisasikan dalam dunia nyata ini. Kita sudah melihatnya contoh-contohnya dari Gundam raksasa berskala 1:1 sampai olahraga fiksi dari seri Keijou. Dan kali ini ada kabar baru lagi dimana sesuatu dari dunia fiksi berhasil dijadikan sesuatu yang nyata, yaitu tampilan anime shiny glasses.

Mina-san mungkin sudah tahu apa itu. Hal ini adalah sebuah trope dalam dunia fiksi, yang disebut Scary Shiny Glasses. Momen visual karakter yang memakai kacamata, dimana bagian kacanya tak hanya jadi putih dan menutup tampilan mata mereka, tapi juga tampil mengkilap walau tak ada sumber cahaya disekitar mereka, rasanya seperti kacamata mereka menyala sendiri.

Kadang seorang karakter ber-megane bisa tampil terus seperti itu, kadan juga tak selalu. Bagi yang tak selalu, momen visual tersebut hampir selalu terjadi saat karakter tersebut ada dalam suasana yang serius dan atau misterius, dan biasanya terjadi saat mereka sedang membetulkan posisi kacamata mereka.

Yang jelas, hal ini sudah jadi hal yang biasa terjadi dalam dunia animanga. Dan para fans anime juga tak hanya sadar dan mengakui keberadaan trope ini, tapi juga sudah beberapa kali dijadikan candaan di internet.

Tapi candaan itu hanya berupa mengedit kacamata pada foto untuk terlihat putih, karena rasanya sulit atau mustahil hal itu benar-benar dijadikan nyata… ataukah tidak? Seorang user Twitter di Jepang sepertinya menemukan cara untuk membuat hal itu jadi nyata.

shiny glasses

User tersebut bernama Katsumura Hideki, dan cara yang ia lakukan lumayan sederhana. Bagaimana caranya agar kacamata itu terlihat seolah menyala? Ya buat benar-benar menyala saja 😀 dan ia melakukannya dengan memasangkan lampu LED kecil pada sebuah kacamata murahan, dan kemudian dipasangkan layar putih yang buram.

Walau mungkin agak repot karena adanya kabel tenaga yang tergantung disebelah kacamatanya, hasilnya memang terlihat sesuai dengan adegan trope tersebut dalam berbagai animanga. Semua Sesuai Keikaku mina-san 😀

Comments