Ada kalanya episode baru sebuah anime kena delay penayangan, yang bisa terjadi karena berbagai alasan, contoh yang besar adalah pandemik coronavirus, yang banyak terjadi tahun 2020 lalu yang tak hanya satu episode tapi sampai seluruh season anime itu kena delay perilisan. Kali ini ada kabar macam itu lagi, dengan episode 14 anime Shingeki no Kyojin S4 dikabarkan kena delay tayang karena musibah, dan jadi trending di Twitter Jepang.

Seri Shingeki no Kyojin berawal dalam bentuk manga buatan Isayama Hajime yang dimulai tahun 2009 lalu, dan telah diumumkan kalau chapter terakhir dari manga tersebut dijadwalkan untuk dirilis pada bulan April nanti. Manga tersebut telah mendapatkan adaptasi anime oleh studio Wit yang dimulai 2013 lalu dan membuat popularitasnya meleduh secara internasional.

Dan dengan popularitas itu, adaptasi anime tersebut mendapatkan beberapa season baru lagi. Dan saat ini menjadi momen yang besar bagi seri tersebut, karena mengikuti semakin dekatnya perilisan chapter akhir manga originalnya, season terakhir dari anime serinya juga sedang tayang, yang dimulai dari Desember 2020 kemarin.

Momen besar tersebut terasa tak hanya di Jepang, dengan anime itu juga dibawakan ke luar Jepang, bahkan Asia Tenggara termasuk Indonesia yang bisa ditonton pada website iQiYi. Dan anime tersebut juga jadi acara paling diminati di Amerika Serikat saat ini.

Tapi kembali ke topik utama, seharusnya episode terbaru anime tersebut ditayangkan kemarin, yang merupakan episode 14 pada season itu tapi dihitung episode 73 secara keseluruhan dihitung dari season pertama. Akan tetapi seperti yang dikatakan diawal, saat episode itu tengah tayang penayangannya terpaksa dihentikkan.

Dan alasannya, adalah untuk menyiarkan tayangan darurat akan gempa bumi di Prefektur Wakayama, yang agak besar dengan magnitude 4.6 pada jam setengah satu pagi. Ini juga membuat perilisan episode tersebut diluar Jepang juga kena delay, dan belum ada update baru akan kapan episode baru itu jadi dirilis.

Kejadian ini juga sampai membuat anime Shingeki trending di Twitter Jepang, dengan berbagai komen dari netizen seperti “padahal sudah nunggu seminggu” dan “sayang sih, tapi mau gimana lagi”dan lain-lain lagi.