Anime seri Sword Art Online terbaru, SAO Alicization, sudah menyelesaikan penayangannya diakhir September. Tapi seri Sword Art Online itu sendiri masih berlanjut, dan masih ada projek anime SAO lagi yang akan tayang nantinya, yaitu anime SAO Progressive. Dan bicara soal anime itu, baru diberikan update baru dari projek tersebut, dari visual dan trailer baru, tahun tayangnya, dan juga format anime tersebut.

Sword Art Online adalah seri light novel yang ditulis oleh Kawahara Reki dan dengan ilustrasi yang digambarkan oleh abec. Light novel tersebut pertama terbit tahun 2009 dan masih berlanjut sampai sekarang. Novel itu juga telah diadaptasi menjadi seri anime dan juga movie oleh studio anime A-1 Pictures dan sangat populer.

Bersetting pada tahun 2022 saat teknologi telah berkembang maju dan munculnya genre game VR MMORPG, mengisahkan petualangan pemuda bernama Kirigaya Kazuto alias Kirito yang dimulai dari bermain game Sword Art Online dan kemudian berkembang dengan menjelajahi game lain yang terhubung dengan game tersebut.  

Novel tersebut juga memiliki beberapa spinoff, seperti Gun Gale Online, dan juga Sword Art Online Progressive yang merupakan reboot dari Aincrad arc yang dirilis pada tahun yang sama dengan saat anime SAO pertama tayang.

Reboot tersebut dikatakan merupakan perbaikan ulang oleh Kawahara Reki yang menambahkan dan memperjelas elemen worldbuilding, dan dengan sudut pandang yang bukan berada pada Kirito, melainkan karakter heroine Asuna.

Dan saat penayangan anime SAO Alicization War Of Underworld kemarin selesai tayang, diumumkan kalau novel reboot tersebut akan mendapatkan adaptasi anime. Dan baru-baru ini diberi update yang memberikan lebih banyak info mengenai anime tersebut, diantaranya adalah format anime itu yang bukan seri TV tapi berupa movie.

Masih dianimasikan A-1 Pictures, disutradai oleh Kawano Ayako, Toya Kento yang mendesain karakternya, Kai Yasuyuki sebagai action director, dan Kajiura Yuki kembali mengkomposisi musiknya. Tomatsu Haruka kembali memerankan Asuna dan Matsuoka Yoshitsugu kembali memerankan Kirito. Dan dijadwalkan untuk tayang dalam tahun 2021 nanti!