Fans seri animanga edukasional Hataraku Saibou akan digembirakan diawal tahun 2021 nanti dengan adanya season baru akan anime tersebut, dan kerennya lagi satu bagian dari anime itu akan ditayangkan previewnya pada pertengahan tahun 2020 ini. Tapi ada kabar seru lagi baru-baru ini, karena dikatakan kalau ada juga adaptasi anime dari spinoff Hataraku Saibou BLACK!… tapiii ada yang agak janggal pada jadwal tayangnya.

Hataraku Saibou adalah manga buatan Shimizu Akane yang diluncurkan dari tahun 2015. Judulnya berarti Sel yang Bekerja, dan itulah konsep dan ceritanya, memperlihatkan pergerakan kinerja sel-sel dalam tubuh. Tapi mirip dengan KanColle atau TouRan, ini ditunjukkan melalui anthropomorphis, alias sel-sel itu digambarkan dalam wujud manusia.

Popularitas manga itu membuatnya mendapatkan beragam spinoff dalam beragam demografik. Salah satunya adalah Hataraku Saibou BLACK yang dibuat oleh Harada Shigemitsu dan Hatsuyoshiya Issei dengan suasana yang lebih gelap dan serius, walau juga mendidik, dengan setting ceritanya dalam tubuh pria dewasa yang depresi dan tidak merawat tubuhnya sendiri.

Manga Hataraku Saibou kemudian diadaptasi menjadi anime  oleh studio David Production pada musim Summer 2018. Dan sebelumnya diumumkan kalau anime itu mendapatkan season baru yang tayang pada bulan Januari 2021, dengan adanya penayangan preview satu bagian anime itu di bioskop Jepang pada tanggal 5 September 2020.

Tapiii baru-baru ini ada kabar menarik lain. Karena pada preview cover dari edisi ke-20 tahun 2020 dari majalah manga Morning, dikatakan kalau manga Hataraku Saibou BLACK juga mendapatkan adaptasi anime! Manga itu memang sudah dianimasikan sebelumnya, tapi anime itu hanya berupa video anime pendek yang menjadi iklan manga tersebut.

Nah tapi ada yang agak aneh disini, karena dalam pengumuman majalah Morning itu memberikan jadwal penayangannya, dan dikatakan kalau tayangnya… juga pada bulan Januari 2021! Sama dengan Hataraku Saibou S2.

Tak diketahui apa ini typo ataukah season 2 itu juga mengadaptasikan beberapa chapter manga BLACK atau hal lain lagi, karena bahkan Twitter resmi kedua seri itu belum memberikan konfirmasi akan adaptasi anime Hataraku Saibou BLACK.