Tahun 2021 nanti fans seri Hataraku Saibou dapat menyaksikan anime season keduanya, tapi selain itu telah diumumkan kalau dalam tahun yang sama, akan ada juga adaptasi anime dari salah satu spinoff seri tersebut, yaitu Hataraku Saibou BLACK. Dan bicara soal anime Saibou BLACK tersebut, baru-baru ini telah dirilis full PV pertama anime itu, yang memperlihatkan lebih banyak lagi nama-nama yang terlibat.

Hataraku Saibou adalah manga buatan Shimizu Akane yang diluncurkan dari tahun 2015. Judulnya berarti Sel yang Bekerja, dan itulah konsep dan ceritanya, memperlihatkan pergerakan kinerja sel-sel dalam tubuh. Tapi mirip dengan KanColle atau TouRan, ini ditunjukkan melalui anthropomorphis, alias sel-sel itu digambarkan dalam wujud manusia.

Popularitas manga itu membuatnya mendapatkan beragam spinoff dalam beragam demografik. Salah satunya adalah Hataraku Saibou BLACK yang dibuat oleh Harada Shigemitsu dan Hatsuyoshiya Issei dengan suasana yang lebih gelap dan serius, walau juga mendidik, dengan setting ceritanya dalam tubuh pria dewasa yang depresi, stress, dan tidak merawat tubuhnya sendiri.

Dan telah diumumkan kalau manga spinoff itu mendapatkan adaptasi anime. Anime itu disutradai Yamamoto Hideyo, dengan Mori Hayashi yang menangani naskah dan komposisi serinya, Abiko Eiji yang mendesain karakternya, dan Kanno Yuugo yang mengkomposisi musiknya.

Seiyuu utamanya juga diumumkan, ada Enoki Junya memerankan Sel Darah Merah dan Hikasa Yoko memerankan Sel Darah Putih, dan Tsuda Kenjiro yang menarasikannya. Dan baru-baru ini telah diberi update berupa PV perdananya, yang memperlihatkan lebih banyak seiyuu.

Kenn akan memerankan karakter sel darah merah lain, lalu ada Lynn dan Uchiyama Yumi memerankan karakter sel darah putih lain lagi. Kemudian ada Kubo Yurika yang memerankan salah satu sel keping darah alias platelet, dan Narumi Takashi memerankan karakter sel utama lambung.

PV tersebut juga memperdengarkan suara para seiyuu tersebut, dan memperlihatkan suasana yang memang lebih gritty, serius, gelap, dan putus asa daripada Hataraku Saibou normal. PV itu juga sekali lagi mengkonfirmasikan kalau anime Hataraku Saibou BLACK akan mulai tayang pada bulan Januari 2021 nanti.