Selain komik ala Barat, dan juga Manga ala jepang, ada juga format komik yang lain. Salah satu format tersebut adalah Webtoon, yaitu format komik dalam bentuk digital yang diterbitkan melalui internet yang sangat populer di Korea, dan sekarang ini format tersebut telah merambah luas di luar negara Korea.

Buktinya dapat terlihat pada seri Webtoon berjudul Noblesse, yang baru-baru ini telah diadaptasi menjadi sebuah OVA (Original Video Animation) berjudul Noblesse:Awakening oleh studio animasi asal Jepang, Production I.G.

noblss1

Webtoon tersebut ditulis oleh Son Jeho, dengan gambar yang diilustrasikan oleh Lee Kwangsu. Seri tersebut diterbitkan di website NAVER di Korea, dan juga ditranslasi dan diterbitkan di luar Korea oleh website LiNE Webtoon ke berbagai bahasa, mulai dari bahasa Inggris, Mandarin, Thailand, dan juga bahasa Indonesia.

Production I.G termasuk dalam jajaran studio animasi yang terkemuka di Jepang. Studio animasi tersebut telah memproduksi berbagai seri anime yang terkenal. Beberapa diantaranya adalah seri anime Kuroko’s Basket, Psycho-PASS: The Movie, 009 RE:CYBORG, dan berbagai adaptasi akan seri Ghost in the Shell, mulai dari movie hingga seri anime dan OVA.

Adaptasi dari Webtoon ke format animasi ini diawasi oleh Tada Shusuke (sebelumnya terlibat dalam anime Kuroko’s Basket, Bungaku Shojo, dan Tsubasa Tokyo Revelation) dan Nakazawa Kazuto (sebelumnya terlibat dalam bagian animasi di movie Kill Bill Vol. 1, Samurai Champloo, dan Genius Party Beyond), dengan desain karakter yang ditangani oleh Umishima Sembon (Sebelumnya terlibat dalam Black Bullet, Heroic Legend of Arslan, dan Giovanni’s Island), dan disutradai oleh Matsuzawa Kenichi (sebelumnya terlibat dalam anime Kuroko’s Basket dan Prince of Tennis).

Untuk pemeran dari animenya, walaupun ini adalah webtoon asal Korea, adaptasi ini memakai pengisi suara Jepang. Berikut para seiyuu 2 karakter utama:
Rai, diperankan oleh Shingaki Tarusuke. Sebelumnya berperan dalam Fate/zero sebagai Matou Kariya.
Frankenstein, diperankan oleh Hirakawa Daisuke. Sebelumnya berperan dalam FREE sebagai Ryuugazaki Rei.

noblss2

Cerita dari Noblesse mengisahkan seorang Noblesse, vampir termulia yang memiliki kekuatan magis yang luar biasa besar, bernama Cadis Etrama di Raizel, yang disingkat menjadi Rai. Ia telah tertidur selama 820 tahun, tapi ia terbangun di masa kini. Rai memutuskan untuk memulai hidup baru di masa kini dengan bantuan bawahannya yang sangat loyal padanya yang bernama Frankenstein. Rai menjadi seorang murid SMA yang bersekolah dalam SMU yang dikepalai oleh Frankenstein, dan dalam sekolah tersebut, ia mendapatkan teman-teman baru. Akan tetapi kehidupan baru yang damai yang dijalani oleh Rai tidak berjalan mulus dengan adanya berbagai serangan dari kelompok misterius yang menyebut diri mereka dengan nama “Unions”.

Noblesse:Awakening dapat ditonton dalam website LiNE Webtoon ataupun dalam channel Youtube LiNE Webtoon. Walaupun ber-audio Jepang, tapi Anime tersebut telah diberi text berbahasa Inggris.