Beberapa bulan lalu diberikan kabar kalau dari belasan film animasi yang dikirim untuk konsiderasi Oscar Animated Feature dalam event besar Academy Award ke-91, delapan diantaranya adalah anime. Ada banyak judul yang mantap disitu, seperti Maquia dan Uchiage Hanabi, tapi pada akhirnya, baru-baru ini diumumkan hanya satu dari delapan anime itu yang lolos konsiderasi dan masuki nominasi Oscar, dan itu adalah anime Mirai.

Anime terbaru dari sutradara anime terkenal Hosoda Mamoru tersebut akan bersaing melawan berbagai film animasi kece lainnya. Bersama Mirai, total ada lima film animasi yang masuk nominasi Oscar untuk Academy Award ke-91 ini. Mereka adalah Isle of Dogs, Incredibles 2, Wreck it Ralph 2, dan Spider-man into the Spider-verse.

Anime tersebut takkan sendirian sebagai film Jepang yang masuk nominasi Academy Award ke-91 ini, karena film live-action Jepang Manbiki Kazoku atau Shoplifters yang disutradai oleh Kore-eda Hirokazu juga masuk dalam nominasi Academy Award untuk kategori Best Foreign Language Film.

Mirai, atau Mirai no Mirai yang merupakan judul Jepangnya, dirilis pada tanggal 20 Juli 2018 lalu di Jepang, dan sepanjang tahun 2018 juga dirilis di berbagai negara lain, dengan perilisan di Amerika Serikat pada tanggal 29 November.

Film tersebut juga telah mendapatkan berbagai nominasi penghargaan lain, dan juga mendapatkan penghargaan dari Florida Film Critic Award. Tapi meskipun begitu, kesempatan bagi anime untuk memenangkan Academy Award memang kecil.

Apalagi dengan film nominasi lain yang tak kalah kece, seperti Incredibles 2 dan Wreck it Ralph 2 yang merupakan animasi karya Disney yang sudah begitu mendunia, dan Spider-verse juga telah mengalahkan Mirai dalam Golden Globe Animated Film Award. Tapi tetap saja, rasanya lumayan membanggakan melihat anime bisa masuk lagi dalam list ini.

Apalagi untuk tahun lalu sama sekali tak ada film anime yang lolos konsiderasi Oscar dan masuk nominasi untuk animated feature di Academy Award ke-90. Yaa semoga saja sih, siapa tahu bisa menang award ya mina-san 😉