Siapa disini yang fans seri anime Witches? Beberapa tahun lalu mereka memberikan pengumuman meriah dimana direncanakan adanya tiga anime Witches baru setiap tahunnya dari 2019 sampai 2021. Tapi sayangnya baru diberikan kabar yang mengecewakan, karena untuk projek anime Luminous Witches yang dijadwalkan tayang tahun ini, diumumkan diundurkan untuk tayang jadi tahun 2022 nanti.

Strike Witches adalah seri anime moe bertema militer dimana jaman Perang Dunia II berubah kearah yang berbeda dengan kemunculan alien yang diberi nama Neuroi. Untuk menghadapinya, pihak militer dari berbagai negara membentuk pasukan Witches, gadis muda yang bisa terbang dengan mesin pesawat pada kaki mereka dan bertempur melawan Neuroi.

Seri itu telah berjalan lama, dengan anime pertamanya tayang tahun 2018, dan pada perayaan 10 tahun anniversary anime Stricke Witches pada tahun 2018, diberi pengumuman tiga projek anime yang dijadwalkan untuk tayang dalam tahun 2019, 2020, dan 2021.

Pertama adalah adaptasi anime dari spinoff manga Strike Witches 501 Butai Hasshin shimasu yang telah tayang dan kini dapat ditonton fans Asia Tenggara termasuk Indonesia secara gratis dengan subtitle dalam channel Youtube Muse Asia. Lalu pada tahun 2020 adalah anime dari Strike Witches Road To Berlin yang telah ditayangkan pada bulan Agustus.

Dan terakhir yang seharusnya tayang tahun ini adalah anime berjudul Luminous Witches. Spinoff menarik dimana seri Witches melakukan genre idol. Mengisahkan grup Witches yang tidak bertarung pada garis depan tapi bernyanyi memberi dukungan pada para korban perang Neuroi yang kehilangan kampung halaman mereka.

Anime tersebut dianimasikan oleh studio SHAFT dengan Saeki Shouji sang penulis naskah anime Strike Witches pertama dan season keduanya yang menjadi sutradara anime ini, dan Kadokawa yang menangani produksi musiknya. Cocok dengan tema ceritanya, para cast seiyuu anime itu juga membentuk unit idol sendiri setelah diumumkan pada tahun 2019.

Akan tetapi seperti yang dikatakan diawal, baru diberi kabar sedih dimana anime Luminous Wtches diundur penayangannya jadi tahun 2022. Tidak diberi detail lebih untuk penyebabnya, hanya dikatakan pengunduran itu dikarenakan berbagai keadaan.