Anime Lucky Star dirayakan setiap tahun di Festival Hajisai

Lucky Star simbol Festival Hajisai

Pernahkah anda membayangkan apa jadinya apabila satu Anime bisa menjadi satu perayaan Festival di dunia nyata dan bahkan dirayakan tiap tahunnya ?

Itulah yang terjadi pada Anime Lucky Star yang mengambil setting di kota Washinomiya. Penduduk lokal Washinomiya sangat mengenang karya anime Lucky Star ini sampai mereka menjadikan anime ini sebagai simbol dari Festival Hajisai yang mereka adakan tiap tahunnya. Hebatnya lagi, mereka rela mendekorasi Festival Hajisai ini dengan pusatĀ  interest di Anime Lucky Star.

Salah satu tujuan Festival Hajisai adalah untuk membawa Mikoshi (Arak-arak Kuil kecil) untuk dipersembahkan di Kuil Washinomiya (salah satu kuil terlama di Tokyo).

Lalu semenjak penayangan dari Anime Lucky Star tahun 2007, maka pada tahun 2008 dibuat Mikoshi tipe baru yang berpusat kepada Lucky Star. Semenjak itu, puluhan ribu fans Otaku selalu datang ke tempat ini setiap tahunnya untuk menyaksikan arak2 Mikoshi ini.

Screen Shot 2013-09-25 at 8.56.16 PMIni adalah contoh Mikoshi traditional sebelumnya

 

Screen Shot 2013-09-25 at 8.56.34 PMini adalah Mikoshi Lucky Star yang sekarang menjadi sangat populer di Festival Hajisai ini

Meski tidak didukung oleh cuaca yang bagus, tetapi Festival Hajisai ini tetap dihadiri oleh 73.000 orang tahun ini. Semangat para peserta dalam Festival Hajisai ini begitu tinggi dan dapat dikatakan bahwa Festival ini menjadi salah satu contoh unik dimana budaya tradisional dan budaya Pop Culture yang sekarang dapat bergabung menajadi satu.

Berikut adalah cuplikan dari video yang diambil oleh salah satu peserta Festival Hajisai inidimana