Kadang sebuah cerita membuat referensi pada suatu hal. Kadang hal ini jadi sesuatu yang bagus, seperti bisnis Anime Pilgrimage yang bisa membawa untung bagi lokasi yang jadi referensi dalam sebuah anime. Tapi kadang hal tersebut bisa membawa hal yang tak menyenangkan juga, yang jadi topik kabar kali ini, dimana pihak anime LoveLive baru-baru ini memberi permohonan maaf karena membuat referensi tanpa izin.

Kabar ini bermula dengan pihak anime Love Live memohon maaf kepada sebuah cafe yang terletak di Tokyo dengan nama Cafe Casa. Dimana salah satu lokasi pada anime Love Live baru yang akan tayang bulan depan, Love Live Superstar, dimodelkan berdasarkan cafe tersebut.

Dari gambar yang ditemukan netizen Jepang, terlihat kalau sebuah lokasi pada anime itu memakai pintu depan dan jendela depan dengan bentuk yang serupa dengan cafe tersebut, dan juga diramaikan dengan berbagai tanaman rimbun.

Dikatakan kalau karena melakukan hal tersebut tanpa memberikan kabar dan menjelaskan situasinya kepada pemilik Cafe Casa, jadi muncul banyak orang yang membuat masalah kepada orang-orang lokal. Dikatakan kalau para individu yang terlibat dengan cafe tersebut jadi diganggu privasinya dan difitnah pada media sosial, website review, dan lain-lain lagi.

Menariknya, pihak Cafe Casa juga menjelaskan kalau sekitar setahun lalu mereka dihubungi oleh Sunrise, studio anime Love Live, mengatakan kalau mereka ingin memakai desain cafe itu sebagai desain sebuah cafe pada anime baru mereka, dan mereka akan mengirim staff untuk diskusi lebih lanjut esoknya. Tapi setelah ditunggu-tunggu dikatakan tidak ada yang datang.

Oleh karena itu, pihak anime Love Live mengatakan kalau mereka akan mengubah desain bangunan pada lokasi di anime tersebut. Mereka juga meminta para fans untuk berhenti melakukan hal mengganggu macam itu dan mengkonsiderasikan perasaan orang lokal, dan juga memperingatkan kalau mengambil foto tanpa izin juga bisa bermasalah.

Ini bukan pertama kalinya ada masalah yang disebabkan oleh seri idol populer tersebut. Dengan tak hanya fans fanatik tapi juga hater masuk berita karena dikabarkan membuat masalah, yang sudah terjadi beberapa kali.