Selain isekai, genre light novel yang begitu populer adalah gaming MMORPG, dengan Sword Art Online contoh yang paling terkenalnya. Tahun ini juga akan ada beberapa anime light novel macam itu, selain season baru SAO Alicization War of Underworld dan lain-lainnya, kini dikabarkan kalau anime Log Horizon S3 juga bakal meramaikan tahun 2020 ini, yang dijadwalkan untuk tayang dalam musim Fall 2020!

Log Horizon berawal dari seri light novel yang dibuat oleh author light novel MaoYuu Maou Yuusha, Touno Mamare, dan dengan ilustrasi yang digambarkan oleh Hara Kazuhiro. Light novel tersebut telah berjalan dari 2011 dan masih berlanjut sampai sekarang.

Kisahnya menceritakan petualangan para player dari game MMORPG Elder Tale, yang login pada hari dimana game itu mendapatkan expansion pack baru, Novasphere Pioneer, tiba-tiba menyadari kalau diri mereka benar-benar masuk dalam game itu dimana mereka mengambil wujud avatar mereka.

Ada banyak light novel bertema game MMORPG, tapi Log Horizon mendapatkan ketenaran yang besar karena isinya yang juga menelusuri sistem gameplay dari setting novel itu lebih dalam lagi dari sudut pandang yang jarang diceritakan. Sesuatu yang juga dilakukan oleh Touno Mamare dalam light novel Maou Yuusha pada genre medieval fantasy.

Dengan popularitas itu, light novel itu kemudian mendapatkan adaptasi anime. Adaptasi anime pertamanya diadaptasi oleh studio Satelight yang tayang sepanjang 2 cour sebanyak 25 episode dari tahun 2013 sampai 2014. Dan dilanjutkan dengan season 2 yang dianimasikan studio DEEN sebanyak 25 episode juga dari tahun 2014 sampai 2015.

Dan kini fans dapat bersorak karena setelah 5 tahun, akhirnya anime Log Horizon mendapatkan kelanjutan lagi! Dengan anime Log Horizon Entaku Houkai yang diumumkan oleh NHK akan tayang di channel NHK Educational mereka.

Judul tersebut sama dengan judul volume 12 novel Log Horizon, dan dengan cast seiyuu yang masih sama dengan anime sebelumnya. Untuk cast dan studio, dikatakan masih sama dengan season 2 di studio Deen. Bagi yang tak sabar tunggu beberapa bulan lagi ya, karena dikatakan kalau anime ini akan tayang pada bulan Oktober 2020.