Wah tak terasa sudah 100 tahun industri anime Jepang berjalan. Untuk memperingati kabar bahagia tersebut, salah satu musium di Jepang telah membuat sebuah website yang dimana kamu bisa menggunakannya untuk menyaksikan film-film anime lawas.

Nasional film center di Musium Nasional Modern Art, Tokyo membuka website untuk “Japanese Animated Film Classics” pada Rabu kemarin. Website menayangkan berbagai macam koleksi klasik anime lawas dari Jepang yang bisa di putar dengan subtitle bahasa Inggris. Website tersebut akan dibuka hingga akhir tahun 2017.

anime lawas

Dalam website yang bisa kamu kunjungi di sini, kamu tinggal memilih judul anime yang ingin kamu saksikan, lalu klik pada tombol merah yang bertuliskan “作品を見る” yang terletak di sebelah kanan website. Ketika pemutar video muncul, pilih subtitle bahasa Inggris dengan memilih link dibawah pemutar video sebelum menekan tombol “Play”

Website ini dibuat untuk merayakan peringatan 100 th lamanya  animasi film pendek Jepang dan memutar animasi Jepang yang bertahan paling lama, yaitu film dari Junichi Kouchi “The Dull Sword” (Namakura Gatana). Dalam film ini menceritakan seorang samurai bodoh yang membeli pedang bermata kusam, film ini berhasil  di tayangkan pada tahun 1917. Dalam website ini, ditampilkan versi yang paling panjang yang telah diperbaiki, dengan panjang 4 menit lamanya.

Film tersebut ditemukan di toko barang antik di Osaka pada tahun 2008, bersama dengan film Seitarou Kitayama “Urashima Tarou” (1918).  Beberapa film anime karya sutradara Oten Shimokawa dan Kitayama sebelum “Namakura Gatana” namun sayangnya film tersebut kini menghilang. Film anime dari Shimokawa  “Imokawa Mukuzo Genkanban no Maki tercatat sebagai film anime tertua yang dirilis secara komersial yang ditayangkan pada Januari 1917. Kemudian di tahun yang sama Shimokawa juga merilis dua film lainnya. Semua film terdahulu yang menggunakan 50- frame shot seorang anak pelaut ditemukan pada tahun 2005.

100 tahun industri anime

Website memutar 64 karya film animasi yang dirilis pada tahun 1917 hingga tahun 1941. Para sutradara yang terdapat dalam website, diantaranya : Ikuo Oishi, Shigeji Ogino, Hakuzan Kimura, Mitsuyo Seo, Yasuji Murata, Noburou Oofuji, Kenzo Masaoka, dan Sanae Yamamoto.

Bagaimana akiba-Chan dan akiba-kei sudah menentukan film anime lawas yang menjadi favorite kalian. Langsung  saja kunjungi websitenya dan saksikan sendiri bagaimana film anime anime jepang terdahulu. 😀

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here