Masih ingat dengan anime-anime khas Studio Ghibli yang membekas dihati? Apalagi yang dibuat oleh sutradara sekaligus animator legendaris Hayao Miyazaki. Mimin sih suka banget sama Totoro dan Mononoke Hime. 😀 Btw, bicara tentang Miyazaki, ada satu anime lagi nih yang bakal beliau keluarkan. Judulnya Kemushi No Boro (毛虫のボロ) alias Boro The Caterpillar.

Kabar pensiunnya Miyazaki memang bukan hal baru. Setiap kali dikabarkan bakal rehat, beberapa waktu kemudian pasti malah muncul kabar anime baru. Tapi sepertinya bememang benar Miyazaki butuh waktu untuk beristirahat. Semenjak garapan terakhirnya di Ghibli, yaitu Kaze Tachinu (The Wind Rises), beliau sangat jarang muncul ke permukaan.

Namun kemarin official website dari museum Ghibli memberikan kabar baik. Garapan Miyazaki yang lama terlantar akhirnya benar-benar akan di debutkan. Kemushi No Boro, merupakan anime CG pendek yang premiere nya tertunda sejak tahun 2013 lalu.

Kemushi No Boro menceritakan tentang seekor ulat bulu yang baru saja menetas. Ulat bulu yang diberi nama Boro ini membuka mata fresh nya kepada dunia dan berpetualang. Bertemu dengan banyak teman dan juga musuh yang mengincar jiwanya….

Anime pendek ini dijadwalkan tayang pada 21 Maret 2018. Dengan durasi sepanjang 14 menit 20 detik. Lagi-lagi anime dengan alur cerita khas dan tak terduga ini ditangani full oleh Hayao Miyazaki sendiri. Presiden utama Studio Ghibli saat ini yaitu Hoshino Koji sebenarnya sudah memberi spoiler pada sesi wawancara bulan desember lalu bahwa ia ingin melihat Hayao kembali debut di tahun 2018.

Kemushi No Boro

Ternyata itu adalah kode untuk anime Kemushi No Boro. Padahal, jauh sebelum itu salah satu produser Ghibli juga sempat memberikan sinyal bahwa si ulat bulu bakal debut di museum Ghibli pada pertengahan 2017. Tetapi karena banyak kendala, termasuk keinginan dari Miyazaki sendiri, anime ini mundur banget sampai 2018.

Gimana ya akiba-chan dan akiba-kei? Apakah anime pendek ini dapat kembali membangun kejayaan Hayao Miyazaki? dan apakah feel nya bisa sekuat anime lamanya? Kita tunggu saja. 😀 Fyi, selain finishing si ulat bulu, beliau juga terlibat dalam pembuatan anime remake Kimi-tachi wa Dou Ikiru Ka? yang masih belum tau bakal tayang kapan.