Kemarin ada kabar yang mengejutkan bagi fans seri animanga Hataraku Saibou, dengan preview cover majalah Morning mengumumkan kalau akan ada adaptasi anime Hataraku Saibou BLACK manga spinoff, tapi dengan jadwal penayangan yang agak aneh. Kini majalah tersebut telah dirilis, dan bersamaan dengan itu, Twitter official manga tersebut juga memperjelas lagi mengenai anime Hataraku Saibou BLACK itu.

Hataraku Saibou adalah manga buatan Shimizu Akane yang diluncurkan dari tahun 2015. Judulnya berarti Sel yang Bekerja, dan itulah konsep dan ceritanya, memperlihatkan pergerakan kinerja sel-sel dalam tubuh. Tapi mirip dengan KanColle atau TouRan, ini ditunjukkan melalui anthropomorphis, alias sel-sel itu digambarkan dalam wujud manusia.

Popularitas manga itu membuatnya mendapatkan beragam spinoff dalam beragam demografik. Salah satunya adalah Hataraku Saibou BLACK yang dibuat oleh Harada Shigemitsu dan Hatsuyoshiya Issei dengan suasana yang lebih gelap dan serius, walau juga mendidik, dengan setting ceritanya dalam tubuh pria dewasa yang depresi dan tidak merawat tubuhnya sendiri.

Dan kemarin-kemarin, muncul kabar kalau manga Hataraku Saibou BLACK dapat adaptasi anime, tapi dengan jadwal yang yang sama dengan anime Hataraku Saibou S2 pada bulan Januari 2021. Jadi dipertanyakan apakah itu berarti anime Saibou S2 juga akan mengadaptasikan Saibou BLACK.

Tapi dari info yang kini didapat dari isi majalah manga Morning dan juga baru diberikan pihak manga Hataraku Saibou BLACK itu sendiri, sepertinya ini adaptasi anime terpisah, karena diumumkan anime Hataraku Saibou BLACK memiliki staff dan studio berbeda, yang diproduksi oleh LIDEN Films.

Info pengumuman itu diberikan melalui visual dan juga PV yang sebenarnya adalah iklan manga Hataraku Saibou BLACK, tapi kini diberi tambahan dengan memperlihatkan nama-nama staff anime tersebut, dengan narasi yang dilakukan oleh seiyuu Tsuda Kenjiro yang juga diumumkan menjadi narator anime itu nantinya.

Untuk staff, anime itu disutradai Yamamoto Hideyo, dengan Mori Hayashi yang menangani naskah dan komposisi serinya, Abiko Eiji yang mendesain karakternya, dan Kanno Yuugo yang mengkomposisi musiknya. Seiyuu utamanya juga diumumkan, selain Tsuda Kenjiro, ada Enoki Junya memerankan Sel Darah Merah dan Hikasa Yoko memerankan Sel Darah Putih.