Dalam hidup ini bisa ada berbagai rintangan, halangan, masalah, teka-teki. Ada yang sampai sekarangpun masih dicari solusinya dan ada juga yang telah terpecahkan. Dan yang namanya hidup, kadang pemecahannya itu bisa muncul dari hal yang tak begitu terduga. Contohnya dalam kabar anime ini, dimana anime Haruhi bisa bantu pecahkan teka-teki matematika yang tak terpecahkan selama 25 tahun!

Dan ini memang kisah yang menarik, karena titik awalnya berasal dari website 4chan. Dimana pada tahun 2011 lalu dalam bagian science message board website itu ada yang mempertanyakan “Bagaimana Cara Paling Efektif Menonton 14 Episode Anime Suzumiya Haruhi?”. Pertanyaan tersebut kemudian ditemukan lagi kemarin oleh seorang matematikawan, Robin Houston.

Ya mina-san, pertanyaan itulah awal mulanya. Dan bagi yang tidak tahu mengenai anime Haruhi, season pertamanya memiliki struktur episode yang aneh dimana penayangan originalnya di TV tahun 2006 sengaja tidak dilakukan berurutan, tapi dibuat berurutan lagi saat anime itu dirilis dalam bentuk DVD dan saat penayangan ulangnya tahun 2009.

Penayangan TV yang berantakan tersebut kadang dinamai Kyon Order dan yang teratur kadang dinamai Haruhi Order. Sesuatu yang aneh tapi tak begitu diprotes karena ini justru menambah elemen misteri dan puzzle pada anime tersebut.

Pertanyaan tersebut kemudian masuk dalam Math&Science Wiki dan dinamai The Haruhi Problem. Dan seorang user anonymous memberikan jawaban pada pertanyaan tersebut, dan ternyata dari situ juga membantu memberi solusi sebuah masalah matematika yang selama 25 tahun ini tak terpecahkan. Yaitu perhitungan matematika mengenai SUPERpermutasi.

Anggap 1 permutasi adalah Kyon Order dan 1 lagi adalah Haruhi Order, jadi sebuah Superpermutasi adalah dengan menonton setiap singular permutasi anime Haruhi dalam sekali duduk. Solusi ini bisa membantu pencarian formula pengkalkulasian superpermutasi terpendek, dan juga telah disetujui oleh matematikawan professional Jay Pantone.

Sedikit trivia, website The Verge bertanya pada Pantone untuk mengkalkulasi superpermutasi anime Suzumiya Haruhi yang sependek mungkin, dan ditemukan kalau penonton perlu melihat anime Haruhi kira-kira sebanyak 93.884.313.611 episode! Jumlah yang membuat penonton bisa merasakan apa yang terjadi pada karakter Nagato Yuki dalam kisah Endless Eight 😀

Comments